Berita > Sosok
Hebat..Mantan TKI Ini Kini Jadi Wakil Gubernur Bali
21 Mar 2016 19:06:32 WIB | Jafry Aljawad | dibaca 540
Ket: Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta Mantan TKI Jepang
Foto: Wikipedia/Google

Nasional, LiputanBMI - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta membagikan tiga kunci sukses untuk mewujudkan mimpi para generasi muda dalam sebuah seminar motivasi di Denpasar, Minggu (20/3/2016).

Sudikerta mengatakan agar menjadi sukses, generasi muda harus punya tiga kunci utama yakni kemauan, semangat dan kerja keras. "Tiga hal itu harus tumbuh dari dalam tiap individu agar lahir generasi yang mandiri dan berkualitas," ujarnya.

Apalagi, ucap dia, kini masyarakat harus menghadapi tantangan pada era pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sehingga untuk memenangi persaingan tak ada pilihan bagi generasi muda selain terus mengisi diri dengan keterampilan dan pengetahuan.

"Jangan jadi SDM dengan kualitas asal-asalan. Saya harap kalian terus belajar untuk meningkatkan kualitas diri agar mampu memenangkan persaingan," ucapnya pada acara yang bertajuk "Berani Bermimpi Besar" itu, seperti dilansir Bisniscom (21/06/2016).

Mantan Wakil Bupati Badung itu juga memotivasi kalangan generasi muda agar lebih mandiri dan tak terlalu tergantung dengan pemberian orang tua.

Untuk membakar semangat peserta seminar, dalam kesempatan itu Sudikerta juga menceritakan pahit getir pengalaman hidup yang harus dia lalui. Lahir dari keluarga miskin di kawasan Pecatu, sosok Sudikerta tak pernah kehilangan semangat.

Dia menceritakan bahwa untuk membiayai pendidikannya selepas SD, Sudikerta melakoni berbagai pekerjaan. Mulai dari pengembala sapi, pedagang acung di Pantai Kuta, kernet angkutan umum, tukang suwun (tukang angkat barang) di Pasar Badung hingga jadi TKI ke Jepang.

Kesempatan menjadi tenaga kerja di Jepang membuka peluangnya untuk memulai usaha ekspor barang kerajinan. Namun usahanya tidak berjalan mulus hingga harus banting stir ke usaha properti dan akhirnya terjun ke dunia politik yang akhirnya mengantarkannya menduduki jabatan sebagai Wakil Gubernur.
(JWD, 21/03)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh