Berita > Sosok
Kang Sonod, TKI Saudi Ahli Ngebor Sumur dari Cianjur
28 Mar 2016 02:59:29 WIB | Tatang Muhtar | dibaca 812
Ket: Ade Sonod, TKI Saudi Ahli Sumur Bor asal Cianjur
Foto: Portal Kita

Riyadh, LiputanBMI - Hampir seluruh Jazirah Arab Saudi sudah pernah ia jelajahi, dari padatnya tengah kota metropolitan Riyadh, hingga tengah gurun tanpa jaringan sinyal handphone sama sekali. Ade Supriatna (47) alias Sonod, TKI asal Kampung Cicadas Desa Kertajaya Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur ini sudah 10 tahun bekerja sebagai tenaga ahli sumur bor di Arab Saudi.

Siapa sangka, pria yang pernah malang melintang dalam kehidupan jalanan tersebut bisa sampai ke tanah Arab dan sempat menunaikan ibadah haji. “Saya sudah sepuluh tahun di Arab Saudi, Alhamdulillah bisa menghidupi keluarga dan juga menunaikan ibadah haji,” ungkap Kang Sonod, demikian Ia biasa disapa.

Untuk melihat videonya, klik di sini

Pekerjaannya sebagai tukang sumur bor, memang sudah menjadi dunianya sejak masih di Indonesia. Kang Sonod pernah terlibat proyek pengadaan air bersih mulai di Bandung hingga di Timor Timur, dari Bogor hingga Pabrik Pupuk Kaltim di Bontang Kalimantan Timur.

Menurut penuturannya, selama di Arab Saudi belum pernah bertemu dengan sesama orang Indonesia yang se-profesi dengannya.

“Saya pernah ke Jeddah, Madinah, Gasim perbatasan Yaman, sampai Tabuk, pokoknya seluruh Arab Saudi lah, namun belum pernah saya ketemu orang Indonesia yang lain (se-profesi, red),” terangnya.
Di kalangan teman satu pekerjaan dan pelanggannya Ade Sonod biasa dipanggil Uday, Fikri rekan kerja Sonod asal Mesir mengungkapkan bahwa selama bekerja bersama Uday dia mendapatkan banyak pengalaman.

“Selama sepuluh tahun Uday baik sama saya, Saya ikut Uday ke Tabuk, Khamis Mushait, Jizan kemana pun” papar Fikri.

Lebih lanjut Kang Sonod mengungkapkan, dia selalu dipercaya oleh pemilik perusahaan untuk memimpin proyek pengerjaan sumur bor.

“Untuk proyek sumur dengan kedalaman lebih dari 300 meter, biasanya dikerjakan oleh empat orang, kalau proyek yang di Nasim ini tergolong ringan hanya memakai 7 batang pipa sekitar 21 meteran” ujarnya.

“Kadang saya ditemani Fikri atau Muhammad (asal Mesir, red.) kadang saya ajak Naim orang Pakistan, Sajjad dari India dan banyak karyawan lain dari Nepal bahkan Yaman.” pungkasnya.

Kang Sonod merupakan salah satu bukti bahwa TKI di Arab Saudi tidak hanya di sektor perumahan, namun banyak juga yang bekerja di sektor formal bahkan menjadi tenaga ahli di bidang perminyakan, teknisi mesin, teknisi otomotif hingga dosen dan peneliti.

(RedEx, 27/03)
(TTG, 28/03)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh