Berita > Olahraga
Kementerian Pemuda dan Olahraga Akan Bangun 1.000 Lapangan di Desa-desa
07 Apr 2016 22:03:36 WIB | Jafry Aljawad | dibaca 534
Ket: Ilustrasi : sebuah lapangan sepak bola di daerah pedesaan
Foto: Google

Jakarta, LiputanBMI - Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan tawaran kepada desa-desa di Indonesia untuk membangun atau merehabilitasi lapangan olahraga. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 1.000 lapangan untuk 1.000 desa.

Asdep Standardisasi dan Infrastruktur Olahraga pada Deputi IV Kemenpora, Samsudin mengatakan, ada lima lapangan yang bisa dibangun di desa-desa, yaitu sepak bola, bulu tangkis, futsal, bola voli dan panjat tebing. Menurutnya, program bantuan pemerintah ini diterapkan untuk mendorong partisipasi desa dalam melakukan pembangunan di bidang keolahragaan.

“Kami menawarkan 1.000 paket lapangan olahraga pada tahun ini. Kami berharap program ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat di bidang keolahragaan,” ujar Samsudin di Kantor Kemenpora, Jakarta, seperti dilansir Suara Merdeka Kamis (7/4).

Mantan Kabag Humas Kemenpora ini mengemukakan, jumlah bantuan dana yang dikucurkan untuk masing-masing lapangan berbeda. Lapangan sepak bola misalnya, anggaran yang akan disalurkan mencapai Rp 185 juta per desa.

Sedangkan untuk lapangan futsal, pihaknya memberikan 200 paket dan setiap lapangan diberi bantuan Rp 170 juta. Adapun bulu tangkis ada 100 paket dan setiap desa memperoleh Rp 100 juta. Lapangan voli juga diberi jatah sama, yakni 100 paket untuk 100 desa dan setiap desa akan menerima bantuan Rp 100 juta.

Sementara lapangan panjat tebing, jumlahnya hanya 50 paket untuk 50 desa saja, dengan besaran dana bantuan Rp 145 juta.

(JWD, 07/04)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh