Berita > Sosok
ILS: Mempersatukan Pelaut Wanita Indonesia Menuju Internasional
09 Jun 2016 16:30:37 WIB | Syafii | dibaca 2019
Ket: Capt. Asia Yudha Ermera/Pelaut Wanita Indonesia
Foto: Imam Syafi'i/LBMI

Dunia, LiputanBMI - LiputanBMI - Mempersatukan pelaut wanita di seluruh Indonesia, memperjuangkan agar perusahaan pelayaran baik di Indonesia maupun di luar negeri memberikan peluang kepada pelaut wanita Indonesia untuk berkarir di laut pada armada kapalnya, memberikan bantuan perlindungan hukum kepada anggota, dan meningkatkan SDM pelaut wanita yang kuat serta berkualitas.

Empat hal tersebut di atas disampaikan oleh Ketua Umum Indonesian Lady Seafarers (ILS), Capt. Asia Yudha Ermerra saat berbincang dengan tim redaksi Liputan BMI di Jakarta, Kamis (9/6).

Lanjut, menurut Capt. Era, panggilan akrabnya, ILS resmi terbentuk berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nomor AHU-001828.AH.01.07. Tahun 2016 yang dikeluarkan pada tanggal 16 Februari 2016.

"Empat poin di atas itu merupakan misi kami (ILS). Visi kami adalah menjadi organisasi pelaut wanita bertaraf Internasional," ujarnya ketika ditanya seputar ILS.

Sebagai salah satu pelaut wanita Indonesia, ia berpendapat bahwa kiprah pelaut-pelaut wanita tanah air saat ini kurang dikenal masyarakat luas.

"Profesi pelaut adalah profesi yang memang didominasi oleh kaum pria, sehingga tidaklah mudah mengubah pandangan orang terhadap wanita yang meniti karir di bidang kepelautan," tambahnya.

Sebagai penutup, dirinya berharap dengan adanya ILS bisa menyatukan, mendata, membela, dan memperjuangakan hak serta kepentingan para srikandi-srikandi laut/pelaut wanita Indonesia untuk masa depan yang lebih sejahtera dan bertaraf internasional.

"Kami sadar, bahwa organisasi ini tidak akan berjalan baik tanpa dukungan dari semua pihak. Baik pelaut wanita yang senior untuk mengayomi, memberi arahan dan sebagai contoh serta pelaut wanita yang saat ini sedang bertugas di laut maupun akan memulai karir di laut, sesuai slogan ILS: Together We Can," pungkasnya. (Ib***)
(IS, 09/06)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki