Berita > Sosok
Eulis Komariah, BMI di Taiwan Dengan Prestasi Bertaraf Internasional
20 Jun 2016 14:37:37 WIB | Yully Agyl | dibaca 578
Ket: Eulis Komariah di kejuaraan piala presiden 2016
Foto: Eulis/LBMI

Taipe, LiputanBMI - Eulis Komariah (45 tahun), BMI di Taiwan asal Bandung, Jawa Barat kembali mengukir prestasi menjadi juara satu kejuaraan olahraga Tai Chi piala presiden (Tai Chi President Cup 2016) yang diadakan di Changwa, Taiwan bagian tengah pada Minggu, 19 Juni 2016.

"Alhamdulillah, kembali bisa meraih juara di turnamen kali ini," kata Eulis Komariah kepada LiputanBMI melalui sambungan telepon, Senin (20/6/2012).

Eulis Komariah bisa aktif di klub olahraga Tai Chi cabang Ping Tung, Taiwan selatan karena dukungan dari keluarga majikannya yang juga seorang pelatih di klub tersebut.

"Saya bergabung di klub olahraga Tai Chi sejak tahun 2012. Semua karena ajakan dari keluarga boss saya yang memang aktif di klub ini juga, bahkan nyonya adalah salah  satu pelatihnya," jelasnya.


Tai Chi adalah olahraga raga beladiri Cina yang menekankan pada gerakan yang tepat, pernafasan dan kesadaran.

EuLis Komariah seperti halnya BMI yang lain, niatnya bekerja ke Taiwan untuk memperbaiki ekonomi keluarga. Nasib baik menjadikan dia salah satu atlit yang banyak mendulang prestasi baik di kejuaraan dalam negeri Taiwan, maupun  tingkat Internasional yang diselenggarakan di Taiwan mewakili kontingen Indonesia.

"Kalau kejuaraan antar klub di dalam negeri Taiwan sudah lumayan banyak kalau disebutkan satu persatu. Terbaru ya piala presiden ini dan menjadi juara satu, menyisihkan peserta orang Taiwan asli. Kalau yang paling berkesan bagi saya adalah di tahun 2012 mewakili Indonesia. Saya berhasil menyumbangkan dua medali perak dan Indonesia menduduki peringkat dua dunia yang waktu itu di ikuti 20 negara.Tahun 2014 saya juga ikut bertanding mewakili Indonesia. Waktu itu Indonesia  meraih tiga medali emas dan satu medali perak," jelasnya. 

Selain melaksanakan tugas utamanya sebagai pekerja rumah tangga dan keikutsertaan sebagai atlit, Eulis Komariah juga telah menyelesaikan studinya di Universitas Terbuka (UT) jurusan Bahasa Inggris.

"Iya, kuliah saya di UT Alhamdulillah sudah selesai juga, jadi kegiatan sudah sedikit berkurang," jelas Eulis Komariah.

Bekerja, belajar dan berprestasi, itulah Eulis Komariah, sosok ibu dua orang putra yang sudah hampir sembilan tahun menjadi BMI di Taiwan ini patut menjadi contoh bagi BMI lainnya.

"Kesempatan bukan untuk di nanti, tapi di cari. Tetapi biarpun banyak kesempatan bila tidak ada niatan dari diri sendiri juga tidak akan ada hasilnya. Saat ini saya juga berbagi ilmu bela diri Tai chi ke teman-teman di sekitar saya yang berminat . Setelah pulang nanti saya juga ingin berbagi ilmu dan pengalaman saya di kampung halaman," pungkas Eulis Komariah yang juga telah mendapat pengakuan secara internasional atas prestasinya itu. (YLA)
(YLA, 20/06)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh