Berita > Sosok
Kisah Baiq Nurhasanah, Mantan TKW Arab Saudi Yang Menjadi Anggota DPRD
01 Sep 2016 14:36:59 WIB | Jafry Aljawad | dibaca 13768
Ket: Baiq Nurhasanah mantan TKW Arab Saudi yang menjadi anggota DPRD Lombok
Foto: Info Lombok

Nasional, LiputanBMI - Kemiskinan telah memaksanya merantau ke negeri orang. Dia yang seorang wanita rela menjadi pembantu di Arab Saudi. Keinginan kuat dan ketekunannya kini telah membuatnya berubah. Hanya takdir yang tak bisa dirubah karena sudah menjadi ketentuan Tuhan, sifatnya kodrati, sunatullah kata orang Islam.
Namun bagaimana dengan nasib? sekalipun ini dianggap tipis perbedaanyya dengan takdir, namun ia bisa diubah. Banyak contoh sukses orang-orang dari keluarga miskin, bisa sukses menggapai cita-citanya. Asal tekat kuat dan bersungguh-sungguh, usaha pasti sampai.

Inilah yang dilakukan Baiq Nurhasanah, mantan tenaga kerja wanita (TKW) asal Desa Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sukses menjadi anggota legeslatif di DPRD Lombok Timur 2014-2019. Enam tahun ia habiskan waktu untuk mengais rejeki di Arab Saudi, menjadi pembantu rumah tangga (PRT).Ke Timur Tengah, Nurhasanah berangkat bersama suaminya, Lalu Purnama. Dua kali ia bolak balik luar negeri, masih dengan profesi yang sama, sebegai TKW. Pertama tahun 1995-1999, kemudian tahun 2003-2006.

Uang dari hasil kerjanya selama menjadi TKW, ia kelola dengan baik. Nurhasanah membeli lahan dan membangun rumah untuk keluarganya. Selain mengurus rumah tangga, Ibu tiga anak ini juga aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Menjadi kader Posyandu, fasilitator LSD bagi para mantan TKI yang ada di desanya, dan selalu aktif membantu masyarakat, terutama untuk masalah pendidikan dan kesehatan di desanya. Semua yang dikerjakannya semata-mata untuk membantu warga yang kurang mampu dari lingkungannya. Dan itu tak sia-sia. Iya yakin dengan kalimat; “Tak ada sesuatu pun yang kita lakukan di dunia ini sia-sia”.

Pada pemilihan Umum (Pemilu) tahun tahun 2014 lalu, Nurhasanah mendapat kesempatan dicalonkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi anggota legislatif. Ia menang, berhasil terpilih dan dilantik menjadi anggota legislatif. Kini dia duduk di Komisi II DPRD Lombok Timur, membidangi masalah pendidikan dan kesehatan.
“Nggak pernah saya bermimpi menjadi anggota dewan. Kampanye pun tidak seperti calon-calon lain,” kata Nurhasanah.

Posisi yang tak pernah ia impikan itu, dimanfaatkan sebaik mungkin. Mantan TKW binaan lembaga Tifa ini ingin membantu memberdayakan mantan TKI dan TKW melalui program pemerintah yang ada. Ia berharap, para TKI/TKW bisa hidup mandiri, tanpa harus kembali lagi menjadi TKI ke luar negeri.
“Di Suralaga banyak TKI, bagaimana supaya itu diberdayakan. Kita berupaya supaya dia baik, supaya sejahtera, supaya tidak kembali lagi menjadi TKI,” kata Nurhasanah.

Sumber : Lombok Post




(JWD, 01/09)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki