Berita > Haji
Dubes RI Pastikan Penyelenggaraan Haji Tahun Ini Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya
09 Sep 2016 22:58:39 WIB | Tatang Muhtar | dibaca 1876
Ket: Duta Besar RI, Agus Maftuh saat memberikan keterangan pers
Foto: P.SUS/LBMI

Makkah, LiputanBMI - Menjelang puncak penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel melakukan rangkaian kegiatan dan sidak secara maraton guna memastikan penyelanggaraan haji tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Dalam rilis yang diterima Liputan BMI (9/9), Duta Besar RI sebagai Koordinator Haji 1437H/2016M pada Kamis (8/9/2016), telah melakukan sejumlah rangkaian kunjungan ke beberapa maktab jamaah haji asal Indonesia di Kota Makkah guna melihat kesiapan petugas-petugas dalam melayani para jamaah asal Indonesia sebelum memulai rangkaian ibadah haji di Makkah dan Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina).

Pada hari yang sama, Dubes RI menghadiri rapat koordinasi yang dihadiri Menteri Agama RI, Ketua DPR RI, Ketua dan Anggota Komisi VIII DPR RI, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan jajarannya, bertempat di Kantor Urusan Haji Makkah guna mematangkan pelaksanaan haji serta persiapan kegiatan Armuzna.

Dalam rapat kerja tersebut mengemuka beberapa kendala serta permasalahan yang kemungkinan dapat terjadi serta langkah penyelesaiannya terutama pada saat wuquf di Arafah, mabit di Muzdalifah serta saat kritis pelontaran jamarat di Mina hari pertama dan seterusnya.

Setelah rapat kerja dengan DPR RI, Duta Besar RI kembali melakukan sejumlah kunjungan ke beberapa maktab jamaah haji asal Indonesia, sebagai bentuk inspeksi kesiapan serta melihat langsung pelayanan yang dilakukan para petugas haji di lapangan.

Malam harinya, Duta Besar RI menghadiri pertemuan “Konsolidasi Persiapan Armuzna” yang diikuti oleh seluruh Petugas Haji Indonesia dan dihadiri Menteri Agama RI, Ketua DPR RI dan perwakilan dari Muassasah Asia Tenggara.

Dubes RI, Agus Maftuh saat memberikan sambutan pada Konsolidasi Persiapan Armina
Dubes RI, Agus Maftuh saat memberikan sambutan pada Konsolidasi Persiapan Armina
Foto: P.SUS/LBMI

Pada pertemuan tersebut, Dirjen Haji Kementerian Agama dalam sambutannya menyampaikan laporan serta langkah-langkah persiapan dalam menghadapi rangkaian kegiatan Armuzna hingga pemulangan jamaah dan kesiapan rangkaian ibadah haji jamaah Indonesia di Kota Madinah.

Sementara Duta Besar RI pada sambutannya menyampaikan pentingnya para petugas untuk sungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya serta mengutamakan kebersamaan dan mengesampingkan ego sektoral asal masing-masing petugas, karena jamaah haji Indonesia tidak akan melihat hal tersebut dan yang dilihat oleh mereka hanyalah petugas haji Indonesia bukan petugas haji kementerian.

Dubes Abegebriel juga menyampaikan bahwa keberhasilan pelaksanaan haji ini bukan milik masing-masing kementerian ataupun lembaga, namun akan menjadi keberhasilan bagi seluruh panitia pelaksana haji Indonesia.

(P. SUS, RedEx 9/9)
(TTG, 09/09)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh