Berita > Haji
Dubes Abegebriel Blusukan ke Penginapan Jemaah Haji
10 Sep 2016 19:19:04 WIB | Abu Rayyan | dibaca 2334
Ket: Dubes RI, Agus Maftuh Abegebriel menyapa para jemaah haji di depan hotel
Foto: P.SUS/LBMI

Makkah, LiputanBMI - Sebagai kordinator Haji tahun 2016M/1437H, Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel melakukan blusukan (kunjungan) ke beberapa maktab jamaah haji Indonesia di Makkah secara acak.

Dalam rilis yang diterima Liputan BMI (10/9), blusukan Dubes Abegebriel tersebut bertujuan untuk secara langsung menyapa para jamaah haji asal Indonesia guna memberikan dorongan kepada para jamaah haji agar tetap semangat dalam menjalankan ibadah yang merupakan Rukun Islam kelima.

Dubes Abegebriel berpesan agar para jamaah jangan terbebani dengan segala hal yang kemudian memberatkan pelaksanaan haji itu sendiri serta mengingatkan bahwa ibadah haji ini merupakah ibadah fisik, sehingga dalam menjalankan ritual yang paling utama wuquf di Padang Arafah, mabit di Muzdalifah kemudian melempar Jamarat di Mina diperlukan fisik yang prima dan ketenangan pikiran.

Di beberapa maktab Jamaah Haji Indonesia yang dikunjungi, Duta Besar RI melakukan perbincangan informal yang diselingi canda tawa sehingga pembicaraan dengan para jamaah haji banyak diselingi tawa ria.

Hampir sebagian besar jamaah menyatakan kepuasan atas pelayanan haji yang diberikan oleh panitia haji tahun 2016 ini dan tidak banyak hal yang dikeluhkan selain masalah-masalah yang sifatnya pribadi sekali, misalnya mereka butuh dipijat setelah letih di hotel, dijawab oleh Duta Besar sambil tertawa, agar saling memijat satu sama lain.

Selain kunjungan ke Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah yang merupakan pusat pelayanan untuk melihat kesiapan para petugas haji di kantor dalam melayani para jamaah, Dubes Abegebriel juga melakukan kunjungan terhadap petugas-petugas yang berada di maktab-maktab jamaah haji Indonesia dengan tujuan untuk melihat kesiapan para petugas dan juga memberikan dorongan untuk terus semangat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para jamaah haji asal Indonesia.

Dubes Agus Maftuh Abegebriel bersama para jemaah haji
Foto bersama para jemaah haji dengan Dubes Agus Maftuh Abegebriel
Sumber foto: P.SUS/LBMI

Blusukan kali ini juga dilakukan Duta Besar RI di beberapa tempat yang menjadi pusat-pusat layanan jamaah haji Indonesia untuk melihat kesiapan perangkat dan peralatan yang akan digunakan untuk memberikan pelayanan kepada para jamaah haji Indonesia, mengingat pada puncak kegiatan haji, wuquf di Arafah dan seterusnya selain diperlukan petugas yang mumpuni, diperlukan juga dukungan perangkat dan peralatan yang memadai.

P. SUS, RedEx 10/9
(TTG, 10/09)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh