Berita > Sosok
Justto Lasso, Buruh Migran di Taiwan dengan Segudang Prestasi
09 Nov 2016 17:27:54 WIB | Yully Agyl | dibaca 2638
Ket: Justto Lasso
Foto: Jussto

Taipe, LiputanBMI - Nama TKI di Taiwan satu ini rasanya sudah tidak asing, apalagi bagi pencinta dunia tulis menulis atau literasi.

Abdi Laso atau lebih dikenal dengan nama pena Justo Lasso yang berasal dari kecamatan Jatiyoso, Karang Anyar Jawa Tengah, ini membuktikan bisa meraih prestasi disela-sela kesibukannya bekerja.

Pada tahun 2016 ini , lelaki yang telah bekerja selama lima tahun di sebuah pabrik di daerah Fengyuan Taichung, Taiwan, berhasil meraih prestasi di beberapa lomba antar Tenaga Kerja Asing Taiwan.

Adapun prestasi bergengsi pada beberapa event yang ia raih adalah:

~Juara 2 lomba pidato bahasa Mandarin antar TKA.

~Juara 3 lomba menyanyi Mandarin antar TKA.

~Juara 3 pembuatan video jurnalis yang diadakan oleh GWO Taiwan.

~ Juara 1 dan masuk sebagai Teen Choice Award dalam Taiwan Literatur Award of Migrants.

~Juara pertama melukis Taichung Fun antar TKA

~Juara pertama Bilik Sastra Voice Of Indonesia (VOI) Award, Radio Republik Indonesia (RRI).

Selain itu, pemuda berkaca mata ini juga pernah diundang oleh National Kaoshiung Normal University, National Defense Medical Center University, National Museum Taiwan untuk menjadi pembicara.

Justto diacara penyerahan VOI Award (tiga dari kiri)
Ket. foto: Justto diacara penyerahan VOI Award (tiga dari kiri)
Sumber foto: doc/fb

Penulis buku "Kutemukan Cahaya di Bumi Formosa" ini, merasa bersyukur sekali berkesempatan bekerja di Taiwan, karena menurutnya banyak ilmu yang bisa didapat.

Disela-sela kesibukannya, Justto yang juga mempunyai kegemaran menyanyi, selalu menyempatkan diri untuk menulis. Baginya, menulis adalah salah satu sarana mediasi yang bisa mengungkapkan segala rasa lewat tulisan.

Melalui LiputanBMI, Justto Lasso menyampaikan salam, pesan dan kesannya kepada semua TKI di manapun berada.

"Salam untuk semua sahabat TKI. Kesempatan bekerja di luar negeri tidak selamanya. Mari kita pergunakan waktu kita sebaik mungkin. Perbanyak kegiatan positif, agar berguna ketika kita pulang ke tanah air. Bekerja dan menambah wawasan. Terutama bagi yang ada libur. Kalaupun tidak bisa libur, saat sekarang ini sangat banyak hal positif yang bisa diikuti lewat media sosial. Jangan disia-siakan," ungkapnya.
(YLA, 09/11)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki