Berita > Sosok
Eulis Berharap Dukungan Pemerintah Untuk Perizinan Olahraga Tai Chi di Indonesia
13 Nov 2016 03:45:19 WIB | Yully Agyl | dibaca 3389
Ket: Eulis saat mengadakan latihan
Foto: Eulis/LBMI

Bandung, LiputanBMI - Masih ingatkah dengan TKI di Taiwan peraih empat medali emas kejuaraan dunia Tai Chi Chuan 2016?. Ya, Eulis Komariah perempuan hebat satu ini telah kembali ke kampung halamannya di Komplek Kaligata RT 04/05 Desa Jayagiri, Kecamatan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Seperti yang pernah dikatakannya, Eulis bercita-cita mengamalkan ilmu yang didapatnya selama di Taiwan, maka semenjak tiba di Indonesia, ia mulai melaksanakan niatnya. Dari mulai memperkenalkan olahraga Tai Chi ke masyarakat sekitar, hingga mengurus izin dan upaya mendapatkan pengakuan pemerintah atas olahraga Tai Chi untuk bisa masuk menjadi salah satu cabang olahraga nasional.

"Di Indonesia, olahraga Tai Chi belum terdaftar dalam Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Itulah yang sedang saya perjuangan terus. Di KONI yang sudah terdaftar jenis olahraga beladiri Wushu, walaupun sama-sama berasal dari China tapi beda alirannya, dan saya tidak mau kalau disatukan dengan itu," kata Eulis Komariah kepada LiputanBMI, Jumat (11/11).

Menurutnya, antusias masyarakat di Jawa Barat lumayan besar, setiap Eulis mengadakan latihan banyak warga yang ikut. Bahkan, Eulis kini sudah melatih di dua tempat dalam satu Minggu. Tempat latihan sementara yaitu di lapangan dan alun-alun yang sudah didapatkan izinnya dari pejabat setempat.

"Alhamdulillah, banyak yang berminat. Cuma, karena latihannya di tempat terbuka, kendalanya cuaca yang tidak menentu. Tapi tidak apa-apa, untuk permulaan ini sudah respon yang positif," lanjutnya.

[ Baca : TKI Taiwan, Meraih Empat Medali Emas Dalam Kejuaraan Dunia Tai Chi ]

Ibu dua putra ini sangat berharap pemerintah daerah memberikan kemudahan dalam kepengurusan izin. Kalau perlu juga untuk perizinan di KONI pusat. Ia ingin Indonesia bisa mencetak atlet-atlet Tai Chi dan bisa bertanding di kejuaraan Tai Chi internasional seperti dirinya.

"Kalau saya saja yang sudah berumur masih bisa meraih prestasi, apalagi dengan yang muda. Peluangnya sangat besar. Maka dari itu saya sangat berharap, dukungan dari pemerintah daerah kota Bandung untuk upaya saya membuka perguruan Tai Chi dan sekaligus menjadi pelatihnya," pungkas Eulis yang telah mengantongi undangan sebagai juri di kejuaraan Tai Chi di Papua mendatang.

Untuk diketahui, Tai Chi adalah seni beladiri berasal dari Cina, di mana gerakkannya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan berisiko rendah. Itulah sebabnya Tai Chi aman dilakukan siapa saja.
(YLA, 13/11)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki