Berita > Ekosospol
Warga India Penista Agama Islam Ditangkap Polisi Riyadh
23 Nov 2016 00:17:20 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 25372
Ket: Shankar Ponnam
Foto: doc/fb

Riyadh, LiputanBMI - Polisi di Riyadh telah menagkap seorang ekspatriat asal India bernama Shankar Ponnam karena telah menistakan agama Islam dengan mengunggah sebuah foto patung dewa Hindu yang duduk di atas Ka'bah. Terdakwa berhasil ditangkap di sebuah peternakan di wilayah Al-Majmaah, Kabupaten Tameer pada Minggu (20/11) malam.

Juru bicara kepolisian Riyadh, Kolonel Fawaz Al-Maiman mengatakan, Tim Investigasi Kriminal telah berhasil menangkap pria asal India berusia 40-an non-Muslim yang bekerja sebagai seorang insinyur pertanian.

"Dia telah menyinggung umat Islam dengan memposting foto dewa Hindu yang duduk di atas Ka'bah di media sosial . Tindakannya memicu kecaman di media sosial," kata Kolonel Al-Maiman sebagaimana dilansir Arab News, Selasa (22/11).

Polisi juga telah menyita barang bukti berupa telepon selular yang digunakan oleh terdakwa dalam melakukan aksinya. Atas perbuatannya, Biro Investigasi dan Kejaksaan menuntut terdakwa dengan UU informasi dan transaksi elektronik (UU ITE) atau biasa disebut Cyber Crime Law.

Foto tersebut diposting pada 12 November 2016 oleh Shankar Ponnam di akun Facebooknya. Foto tersebut memicu kemarahan sekelompok Muslim India yang kemudian memukulinya dan merekamnya dengan video yang kemudian di posting di sosial media facebook.


(IYD, 23/11)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh