Berita > Seputar TKI
Indramayu Pengirim TKI Tertinggi di Indonesia Tahun 2016
09 Dec 2016 23:41:46 WIB | Jafry Aljawad | dibaca 6160
Ket: Calon Tenaga Kerja Indonesai (Ilustrasi)
Foto: Google

Indramayu, LiputanBMI - Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Indramayu, Dadi Haryadi menegaskan, jumlah warga Indramayu yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri hingga Desember 2016 ini tercatat 13 ribuan. Dengan jumlah TKI sebanyak itu, Indramayu menempati posisi teratas dalam pengiriman TKI di Indonesia.

Menurut Dadi Haryadi, dibandingkan pengiriman TKI tahun sebelumnya diakui jumlahnya menurun. Sebab selama Tahun 2015 jumlah TKI asal Indramayu yang bekerja ke luar negeri angkanya mencapai 16 ribuan.

Guna membantu pelayanan terhadap calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri itu Dinsosnakertrans Indramayu membuka loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu. “Tujuannya adalah untuk melayani calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Karena Indramayu termasuk kategori sebagai kabupaten pengirim TKI tertinggi se Indonesia,” ujarnya, sebagaimana dilansir Poskota, Jum'at, (09/12/2016).

Ditanya mengenai apa saja yang dapat dilayani pada loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu itu kata Dadi Haryadi selain pembuatan KTP, SKCK juga medical check up, pemantauan kesehatan untuk penyakit-penyakit dan pembuatan paspor dari BP3TKI.

“Alhamdulillah program ini ibarat gayung bersambut. Ada program yang sama dari KPK dan BNT2TKI, sehingga dibuatlah kesepakatan. Di Jawa Barat ada 9 kabupaten yang sudah menjalankan program Pelayanan Terpadu Satu Pintu itu, termasuk Indramayu,” katanya.

Ke-9 kabupaten itu di antaranya; Kabupaten Cirebon, Majalengka, Subang, Karawang, Cianjur, Sukabumi dan Indramayu. Kabupaten Indramayu dalam program Pelayanan Terpadu Satu Pintu itu tergolong paling awal, karena jauh hari Pemkab Indramayu sudah mempersiapkannya.
(JWD, 09/12)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh