Seputar TKI - Liputan BMI

KJRI Johor Bahru Imbau TKI Tak Berdokumen yang Akan Pulang Tetap Gunakan Jalur Legal

Posted by: Figo Kurniawan | 10 January 2017 22:45 WIB | dibaca 4367 kali

KJRI Johor Bahru Imbau TKI Tak Berdokumen yang  Akan Pulang Tetap Gunakan Jalur Legal
pengumuman KJRI JB
Photo : KJRI JB

Johor Bahru, LiputanBMI - Demi keselamatan pada saat pulang ke tanah air, KJRI Johor Bahru mengimbau kepada para WNI/TKI di Malaysia yang tak berdokumen agar menghindari pulang lewat ‘jalur belakang’ atau jalur tidak resmi dan tetap menggunakan jalur yang legal.

Terkait pengumuman tentang program pemulangan sukarela tahun 2017 oleh pemerintah Malaysia khusus untuk pelayanan di kantor International Marketing & Net Resources Sdn Bhd (IMAN) Johor Bahru yang diumumkan pada Minggu (8/1/2017) lalu, Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Johor Bahru, Dewi Lestari berharap agar WNI/TKI yang akan pulang mengetahui informasinya secara resmi.

Dalam pengumuman tersebut disebutkan, untuk pembayaran kompaun dapat dilakukan di kantor IMAN Johor dengan total biaya sebesar RM 928.80 termasuk pas khas, caj proses dan asuransi.

Namun, biaya tersebut belum termasuk harga tiket kepulangan dan biaya pengurusan SPLP RM 15. Sementara untuk biometrik dilakukan di kantor imigrasi Malaysia.

“KJRI Johor Bahru membuat pengumuman tersebut agar WNI (yang akan pulang, Red) mengetahui informasi yang resmi,” jelas Dewi ketika dikonfirmasi LiputanBMI, Selasa (10/1).

Penjelasan ini, lanjut Dewi, sekaligus meluruskan pemberitaan sebuah media online yang menyebutkan ‘KJRI Malaysia Buka Layanan Pemulangan Bagi TKI Ilegal dengan Biaya Murah'. Program pemulangan sukarela tersebut, kata Dewi, bukan program KJRI Johor Bahru, tetapi program pemerintah Malaysia.



(FK, 10/01)

Share this post :

Kegiatan / Even TKI

PSSTKI

Kajian