Kesehatan - ATCAS

Penderita Diabetes Boleh Berpuasa Tidak Ya?

Posted by: Abu Rayyan | 19 June 2015 18:18 WIB | dibaca 309 kali

Penderita Diabetes Boleh Berpuasa Tidak Ya?
Kalender 2016 LiputanBMI.com
Photo : Portal Kita

Riyadh, LiputanBMI - Bagi penderita diabetes ringan (terindikasi awal gejala diabetes), atau bagi penderita yang tidak harus disuntik insulin tiga kali setiap hari, jawabnya: Ya, asalkan mampu menjaga agar kadar gula darah berada dalam keadaan normal dan tubuh tidak lemas.

Tidak sedikit TKI di Arab Saudi, apalagi yang berprofesi sopir, mengidap penyakit gula atau diabetes. Mulai dari yang masih ringan sampai yang sudah akut.

Menurut dr. Tirta Purwita Sari, puasa baik untuk penderita diabetes. Sebab, puasa akan meningkatkan sensitifitas hormon insulin, demikian menurut ketua Yayasan Masyarakat Sadar Gizi tersebut, yang kami lansir dari Harian Republika (20/07/13).

"Tergantung situasi dan kondisinya. Kalau diabetesnya parah sampai harus suntik insulin tiga kali sehari, dia tidak bisa puasa, karena akan berbahaya, tapi kalau gula darahnya terkontrol itu bisa puasa," katanya.


Menurut Tirta, penderita diabetes yang tidak terkontrol adalah penderita yang diharuskan minum obat atau suntik insulin tiga kali. Tetapi, jika orang tersebut ingin berpuasa, Tirta menganjurkan agar dikonsultasikan dengan dokter, terkait kondisi dan pengaturan minum obat atau suntik insulinnya.

Tirta mengimbau kepada para penderita diabetes yang berpuasa, tidak mengonsumsi karbohirat secara berlebihan pada saat sahur dan berbuka puasa. "Jadi 55 persen dari makanan yang dimakan itu harus berbentuk karbohidrat, dan sisanya kombinasi antara protein, lemak dan sayuran," ujarnya.


Dengan gula darah yang terkontrol dan berupaya mengonsumsi makanan yang seimbang, tuturnya, maka puasa akan baik dijalankan oleh penderita diabetes.


(TTG, 19/06)

Share this post :

Kegiatan / Even TKI

PSSTKI

Kajian