Berita > Kesehatan
Pap Smear Cara Awal Cegah kanker Servik
23 Jun 2015 22:15:40 WIB | Ika Saraswati | dibaca 417
Ket: Kalender 2016 LiputanBMI.com
Foto: Portal Kita

Hongkong, LiputanBMI - Pap smear adalah langkah awal pengujian medis untuk mendeteksi ada tidaknya kanker leher rahim atau servik. Adapun wilayah kewanitaan yang perlu di periksa meliputi sel-sel dari leher rahim hingga panggul.

Langkah tes pap smear memberikan fakta medis keberadaan virus popiloma yaitu virus penyebab kanker servik. Pap smear dilakukan untuk mendeteksi dini dan mengambil langkah yang di butuhkan sebelum terlanjur parah.

Dokter menyarankan pap smear dilakukan bagi wanita yang berusia 21 tahun yang sudah menikah atau sudah aktif melakukan hubungan šeksual. Karena pada usia tersebut alat reproduksi telah berkembang sempurna.

Hal ini bisa di lakukan lebih awal jika mempunyai riwayat kanker servik dari ibu. Sesuai menjalani transplasi organ, kemotrapi atau mempunyai gaya hidup yang sering gonta ganti pasangan.

Kanker servik memang bisa menular melalui hubungan šeksual tapi bukan berarti wanita yang belum pernah mekakukan hubungan seksual tidak mempunyai kanker servik. Servik bisa terjadi pada semua wanita, dan Pap smear merupakan langkah pencegahan dini sebelum parah. (Ika)
(, 23/06)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh