Berita > Kesehatan
Temperatur Panas Capai 40 Derajat Celcius, TKI Diimbau Waspada Penyakit Musim Panas
31 Jul 2015 19:48:42 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 504
Ket: ilustrasi
Foto: google

Jeddah, LiputanBMI - LiputanBMI, Belakangan ini suhu udara terasa panas begitu menyengat di Arab Saudi. Kondisi ini biasanya akan berdampak pada kesehatan. Tubuh akan merasakan proses adaptasi secara fisiologis.

Kabid Pemberdayaan Perempuan Buruh Migran Indonesia Saudi Arabia (BMI-SA) Nin Suryana mengatakan, pada musim panas tubuh akan merasa cepat lelah, apalagi jika melalukan pekerjaan berat akan mengakibatkan dehidrasi yang berlebihan.

Selain itu, ia juga mewanti-wanti penyakit yang sering menyerang di musim panas dintaranya penyakit Infeksi Saluran Nafas Atas (ISPA) , flu, diare dan demam berdarah.

“Pada musim panas daya tahan tubuh akan cenderung menurun, apalagi di Arab Saudi sering terjadi hujan debu yang akan merangsang terjadinya iritasi saluran pernafasan yang mengakibatkan infeksi saluran pernafasan atas, “ujarnya saat ditemui dikediamanya di Kandara, Jeddah beberapa hari yang lalu.

“Untuk meghindari berbagai penyakit yang sering menyerang di musim panas, kita harus menjaga ketahan daya tubuh dengan cara menghindari terpapar dengan udara langsung, perbanyak minum namun tentunya jangan minum air es dan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin c dosis tinggi, “tandasnya. (Iyd)

(IYD, 31/07)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh