Berita > Kesehatan
Inilah Tips Diet Sehat Ala TKI
21 Aug 2015 00:45:27 WIB | Redaksi | dibaca 867
Ket: Proses Diet Nia Rania Puteri
Foto:

Taiwan, LiputanBMI - Cara menurunkan berat badan (bb) tidak hanya sebatas untuk mendapatkan tubuh langsing ideal, namun juga tentang kesehatan. Karena kelebihan berat badan atau obesitas dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit berbahaya seperti serangan jantung, diabetes type dua, tekanan darah tinggi, asam urat, kolesterol tinggi dan berbagai macam penyakit lainnya.

Oleh sebab itu sangat penting menjaga kesehatan tubuh dengan mengikis lemak yang menumpuk dan bonusnya adalah tubuh yang ramping. Memiliki tubuh yang ideal dan proporsional adalah dambaan setiap wanita khususnya saya sendiri yang pernah mengalami kenaikan berat badan yang dibilang abnormal dari 48kg sampai 70kg sungguh membuat saya berfikir keras bagaimana caranya agar tubuh saya kembali seperti semula atau setidaknya agak berkurang,karena selain menjadikan saya kurang percaya diri juga tidak baik untuk kesehatan saya sendiri.

Akhirnya saya mencari berbagai informasi kesehatan dan cara-cara diet sehat sebagai referensi untuk saya memulai program diet. Seperti halnya menjalin sebuah hubungan dalam program diet pun harus mempunyai komitmen dan target pencapaian agar kita berhasil menurunkan berat badan sesuai yang kita harapkan dan waktu yang kita tentukan. Tujuan dan niat kita diet menurunkan berat badan adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dan tubuh yang ramping adalah bonus. Langkah awal yg saya lakukan adalah

1. Diet air putih hangat dan buah sudah dipercaya banyak orang dapat menurunkan berat badan tanpa olahraga asal dikonsumsi dengan buah, air hangat ,lemon dan dilakukan secara teratur dalam jangka lebih dari 3hari sampai seminggu . Namun menurut saya lebih baik berkala saja penurunan bb nya karena jika dilakukan dalam waktu singkat juga bisa berbahaya.

Manfaat air putih sudah banyak dibuktikan oleh para ahli kesehatan mampu untuk menjaga kadar gula didalam darah dan juga mampu menahan peningkatan berat badan secara dramatis . Jadi jika anda ingin diet dengan air putih maka sebaiknya di lakukan dengan benar dan teratur karena hal ini sangat berpengaruh dengan hasil yang anda dapatkan.

2.Dengan makan nasi di siang hari , jika anda mempunyai aktivitas yang padat dan pekerja berat stamina tubuh perlu diperhatikan juga , dengan mengkonsumsi nasi dan sayuran boleh juga lauk pauk dengan porsi yang cukup boleh di lakukan saat program diet asalkan sebelum makan selalu dahulukan minum air putih lalu hentikan makan sebelum kenyang dan tutup dengan buah juga sebagai asupan gizi dan vitamin bagi tubuh.

3.Menghilangkan kebiasaan makan di malam hari , karena Sebenarnya, tidak salah untuk mengkonsumsi makanan pada malam hari. Alasan sebenarnya adalah agar tidak makan dalam jangka waktu 4 jam sebelum tidur. Dengan kata lain, sebaiknya tidur dengan lambung yang sudah kosong. Karena diperlukan waktu sekitar 4 jam untuk mencerna makanan, maka berikan jeda waktu 4 jam dari sejak anda makan sampai waktu tidur. Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena saat tidur, tubuh mengeluarkan hormon pertumbuhan 30 menit setelah Anda tidur. Hormon ini juga dihasilkan pada saat anda berolahraga. Ini adalah hormon yang berperan pada pertumbuhan dan bertugas untuk memecah lemak.

Syarat agar hormon pertumbuhan dapat keluar dengan sempurna adalah lambung harus kosong. Jika hormon pertumbuhan keluar pada saat tidur, maka proses penguraian lemak akan semakin meningkat dan tubuh berada dalam keadaan siap membakar lemak. Hasilnya tubuh akan mudah menjadi langsing.

Proses ini disebut sebagai katabolisme. Hormon pertumbuhan akan semakin banyak dihasilkan jika suhu tubuh dalam keadaan hangat. Cara yang dapat dilakukan agar mencapai kondisi tersebut adalah dengan melakukan latihan otot selama 5 menit lalu berendam atau mandi dengan air hangat bersuhu 41 derajat sebelum tidur. Namun sebaliknya jika anda membiasakan makan sebelum tidur maka akan terjadi hal sebaliknya jika anda tidur dengan lambung terisi makanan.

Jika anda tidur dalam kondisi ini, maka hormon pertumbuhan tidak keluar sehingga tidak ada proses pemecahan lemak. Sebaliknya, makanan yang ada akan tertimbun menjadi lemak. Hasilnya, akan membuat tubuh menjadi gemuk. Proses ini disebut sebagai anabolisme.

4.Konsumsi jus dan buah , cara lain adalah dengan mengkonsumsi jus atau makan buah pada malam hari. Proses yang diperlukan untuk mencerna jus tidak selama apabila anda makan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat atau makanan yang mengandung lemak.

Jika makan malam dengan menu biasa memerlukan waktu 4 jam sampai perut kosong, maka pada pencernaan jus atau buah hanya diperlukan 2 jam sampai perut kosong. Sehingga Anda dapat tidur lebih cepat.

5. Olahraga yang berimbang , olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah latihan kardio. Selain dapat menurunkan berat badan, latihan kardio juga dapat mengecilkan perut buncit. Anda dapat melakukan latihan kardio seperti jogging, bersepeda atau berenang. Namun jika cuaca tidak memungkinkan untuk jogging diluar rumah, maka anda dapat melakukan olahraga didalam ruangan.

6. Istirahat yang cukup, hindari begadang dan dapatkan tidur yang cukup minimal 8 jam setiap hari. Hal ini dapat membuat produksi hormon tetap seimbang, sehingga nafsu makan pun bisa terkontrol dengan baik. Selain itu juga mengembalikan kebugaran tubuh dan memperbaiki masa otot setelah kita berolahraga.

Demikian tips dan kiat menurunkan berat badan ini di buat seperti yang sudah saya lakukan dan terapkan sendiri dan terbukti paling efektif sekarang bb saya 53 kg dgn tinggi 162cm dan lemak yang terkikis 17kg an dari yang tadinya 70kg, tidak ada cara instan untuk menurunkan berat badan, semua membutuhkan proses. Lakukan beberapa langkah diatas secara rutin hingga mencapai target berat badan yang anda inginkan.

Penulis : Nia Rania Puteri (BMI Taiwan)

(RED, 21/08)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki