Berita > Komunitas
FSP KEP-KSPI Mengutus Biro Perempuan ke Konferensi Perempuan IndustrialAll Asia Tenggara
10 Dec 2016 21:39:49 WIB | Tatang Muhtar | dibaca 1273
Ket: FSP KEP-KSPI Mengutus Biro Perempuan ke Konferensi Perempuan IndustrialAll Asia Tenggara
Foto: Dok. FSP KEP-KSPI

Jakarta, LiputanBMI - Pada Konfrensi regional yang digelar pada 24/11/2016 lalu di Bangkok, Thailand, Perempuan Asia Tenggara menegaskan kembali komitmennya untuk mendorong dan mengkampanyekan ratifikasi Konvensi International Labour Organization (ILO) 183, tentang perlindungan bersalin.

Sekjen Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan (FSP KEP) KSPI mengatakan bahwa konferensi tersebut dihadiri oleh 5 negara yaitu Thailand, Indonesia, Philipina, Myanmar dan Kamboja. Indonesia mengutus 6 peserta yang tergabung dalam Komite Perempuan IndustriALL Indonesia dari FSPMI, FSP KEP-KSPI, FSP FARKES Ref, FPE, GARTEKS, FPE, CEMWU.

FSP KEP-KSPI mengutus Biro Perempuan, Endang Wahyuningsih yang juga selaku Sekretaris Komite Perempuan IndustriALL Indonesia, katannya.

“Peserta konferensi menyatakan komitmennya dan terus bekerja menuju kesetaraan gender di semua tingkat serikat pekerja dan kampanye perlindungan maternitas yaitu kesehatan perempuan di tempat kerja menuju ratifikasi konvensi International Labour Organization (ILO) 183,” tegas Sekjen FSP KEP-KSPI, Siruaya Utamawan, S.E.

Lanjut Siruaya Utamawan bahwa IndustriALL mendukung penuh perlindungan maternitas yang lebih baik bagi seluruh perempuan, tentang kehamilan dan kelahiran yang aman dan sehat, masa menyusui yang lebih lama, cuti melahirkan yang lebih panjang serta upah dibayar penuh dan perlindungan dari diskriminasi di tempat kerja serta kepastian kerja, pungkasnya.

(TTG, 10/12)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh