Berita > Seputar TKI
PPI: Terimakasih Kemlu dan KBRI Dakkar, Empat Pelaut di Sierra Leone Sudah Dipulangkan
17 Dec 2016 03:44:43 WIB | Syafii | dibaca 2117
Ket: Empat Pelaut WNI di Sierra Leone saat di Bandara menuju kepulangan ke Indonesia
Foto: LBMIJKT

Nasional, LiputanBMI - Empat Warga Negara Indonesia (WNI) berhasil dipulangkan dari Sierra Leone, Afrika Barat berkat kerjasama yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri, KBRI Dakkar, dan Pergerakan Pelaut Indonesia.

Keempat WNI tersebut merupakan Pelaut yang berangkat ke luar negeri melalui PT. Maderline yang berdomisili di Jakarta.

"Alhamdulillah kami semua sudah bisa pulang ke tanah air," ujar AS salah satu pelaut kepada Tim Advokasi PPI melalui selulernya, Jumat (16/12).

Untuk diketahui, sebelumnya para pelaut mengaku diturunkan dari kapal VGN Jordan oleh owner mereka di Sierra Leone dan mereka sempat terlantar di sana selama beberapa hari.

Mendapat pengaduan tersebut, PPI langsung mengambil langkah untuk menghubungi pihak perusahaan di Indonesia dan berkoodinasi dengan Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI & BHI) Kementerian Luar Negeri, serta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dakkar, Senegal.

"Saat kami dapat pengaduan itu, kami infokan ke KBRI dan KBRI langsung menghubungi mereka dan kemudian mereka ditempatkan di penginapan di Kota Freetown dengan biaya akomodasi dari KBRI Dakkar, karena jarak dari Kota Freetown ke Dakkar cukup jauh," terang Ketua Umum PPI Andri Yani Sanusi kepada LiputanBMI, Sabtu (17/12) melalui selulernya.

Sebagai penutup, Andri menyatakan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat untuk membantu para pelaut sampai mereka bisa dipulangkan.

"Terimakasih atas kerjasamanya Kemlu, KBRI Dakkar, dan Perusahaan yang sudah membantu kepulangan mereka," pungkasnya.
(IS, 17/12)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh