Berita > Seputar TKI
Awal 2017, KJRI Hong Kong Buka Tiga Loket Pelayanan Publik
06 Jan 2017 17:22:13 WIB | Redaksi | dibaca 2238
Ket: Loket Pelayanan Publik
Foto: KJRI Hong Kong

Hong Kong, LiputanBMI - Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas keluhan yang diajukan para BMI di Hong Kong sejak tahun 2010 lalu terkait pelayanan pengurusan dokumen, KJRI Hong Kong akhirnya mengeluarkan kebijakkan dengan terobosan di awal tahun 2017.

Terhitung mulai 4 Januari 2017, KJRI Hong Kong telah membuka Loket Pelayanan Publik. Hal tersebut disampaikan melalui akun resmi Fans Page facebook KJRI Hong Kong, pada Jumat (30/12/2016).

Loket Pelayanan Publik yang terletak di lantai bawah gedung KJRI itu terdiri dari tiga loket, yaitu Loket-1 Pelayanan Booking/Rebooking Paspor, Loket-2 Pelayanan Costumer Service, dan Loket-3 Pelayanan Kontrak Mandiri. Ketiga loket tersebut buka setiap hari Minggu sampai Jumat dari pukul 09.30 hingga pukul 12.30 waktu setempat.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan petugas KJRI Hong Kong dalam melayani dan menjelaskan setiap pertanyaan yang diajukan oleh BMI seputar pelayanan pengurusan dokumen, khususnya dalam hal pembuatan atau perpanjangan paspor dan kontrak mandiri.

Dengan dibukanya loket pelayanan publik yang baru ini, diharapkan tidak ada lagi keluhan soal pelayanan yang dianggap lamban sehingga mengakibatkan antrian panjang hingga ke luar gedung. Selain itu, proses pembuatan paspor diharapkan juga akan semakin cepat.

Kendati demikian, kebijakan tersebut pun mendapat tanggapan pesimis dari sebagian BMI di Hong Kong. Seperti halnya yang diungkapkan MS BMI asal Semarang yang menurutnya kinerja pegawai KJRI yang perlu ditingkatkan, termasuk perilaku pegawai pada saat bekerja melayani masyarakat.

"Sebagus apa pun sebuah kebijakan yang dikeluarkan KJRI, tidak akan ada artinya dan tidak akan dapat dirasakan oleh para BMI jika tidak dibarengi dengan meningkatnya kinerja para pegawainya. Kalau pelayanannya lebih baik, ya Alhamdulillah, tapi kalau pelayanannya masih kayak dulu ya sama saja bohong," ujarnya kepada LiputanBMI, Kamis (5/1). (LIN)


(RED, 06/01)

PBBC Liputan BMI
Universitas Terbuka Riyadh