Berita > Seputar TKI
Jelang Lebaran, Tiket Pesawat Melejit TKI Pendaftar Amnesti Menjerit
17 Jun 2017 18:18:46 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 4096
Ket: Pendaftar Amnesti di KJRI Jeddah
Foto: KJRI Jeddah
Jeddah, LiputanBMI - Menjelang hari raya Idul Fitri harga tiket pesawat berbagai maskapai penerbangan melonjak 30 persen hingga dua kali lipat. Melejitnya harga tiket ini membuat WNI/TKI overstayer yang mengikuti program amnesti di Arab Saudi menjerit.

Pada awal Ramadan, harga tiket jurusan Jeddah-Jakarta dan Jeddah-Surabaya masih bertahan dengan harga SR 1.300 - 1.800. Namun kini jurusan Jeddah-Jakarta melonjak di atas SR 2.000, sementara jurusan Jeddah-Surabaya mencapai SR 3.000 lebih.

"Mau gimana lagi, meskipun mahal ya harus beli," ucap Suhendat salah satu TKI yang akan pulang mengikuti program amnesti saat berbincang dengan LiputanBMI, Sabu (17/6).

TKI asal Jawa Timur ini mengaku pasrah dengan melonjaknya harga tiket pesawat menjelang lebaran. Sehundat mengaku mengikuti program amnesti di KJRI Jeddah sebelum bulan Ramadan, karena terkendala waktu dan antrian pengambilan sidik jari dan exit permit yang begitu padat di Imigrasi Saudi, Suhendat baru mendapatkan exit permit pada Kamis kemarin, 15 Juni 2017.

"Ya dikondisikan saja tergantung kemampuan, kalau cukup uang saya mau beli tiket jurusan Surabaya, kalau tidak cukup nanti beli tiket jurusan Jakarta saja, yang penting saya dan anak bisa pulang dengan aman dan selamat meski harus beli tiket mahal," tukasnya.

Hal yang sama dilami Jubaedah TKI asal Madura, Jawa Timur. Perempuan berusia 63 tahun itu harus merogoh kocek sebesar SR 2.900 atau setara Rp 9.860.000 untuk membeli tiket jurusan Surabaya.

"Saya nyesel kenapa gak dari dulu daftarnya, kalau dulu perasaan belum mau pulang, ketika waktu sudah mendesak baru ada kepikiran pulang," ujarnya.

Mengatasi hal ini, Konsulat Jenderal RI di Jeddah telah melakukan pembicaraan dengan maskapai Emirates Airline. Dalam kesepakatan tersebut, KJRI Jeddah mampu mensinergikan Garuda dan Emirates untuk mengatasi lonjakan harga tiket dan kelangkaan seat pesawat dengan kisaran harga SR 1.500 hingga 2.000 dan penyediaan seat sebanyak 1500 pax untuk rute Jeddah-Jakarta khusus peserta amnesti asal Indonesia.

"Mengingat di 10 hari akhir Ramadan, banyak jamaah umrah yang keluar masuk Arab Saudi. Ini mengakibatkan demand tinggi sedangkan seat terbatas," kata Pensosbud KJRI Jeddah, Umar Badarsyah saat dikonfirmasi LiputanBMI.

Menurut Umar, hal ini juga merupakan imbas pengalihan jamaah yang semula menggunakan penerbangan Qatar Airways yang dialihklan ke sejumlah maskapai termasuk Garuda sehingga menimbulkan kelangkaan tiket.

"Pantauan kami harga tiket rute Jeddah-Jakarta berada dalam kisaran minimal SR 2.000 untuk Garuda dan Emirates," pungkasnya.
(IYD, 17/06)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki