Berita > Sosok
Khamim Pejalan Kaki Pekalongan-Makkah, Shalat Ied Bersama WNI Riyadh
26 Jun 2017 17:05:42 WIB | Tatang Muhtar | dibaca 5081
Ket: Kiri, Khamim saat bersalaman dengan Wakepri, Sunarko. Kanan: Khamim Haji Backpacker
Foto: LBMI
Riyadh, LiputanBMI - Ahad pagi, (25/06/2017) saat Idul Fitri tiba, dantara ribuan WNI jamaah shalat Ied yang memadati halaman belakang gedung KBRI Riyadh, ada yang spesial! Dialah Muhammad Khamim Setiawan (29).

Khamim, pemuda asal Pekalongan yang sedang dalam perjalanan ke Baitullah di kota Makkah Al Mukarromah dengan berjalan kaki itu, tiba di Riyadh pada Senin, 19 Juni 2017.

Dengan peci khasnya, Khamim datang bersama M. Khoirul Muzakki , WNI yang memberikan tempat menginap selama Ia di Riyadh.

Jumat yang lalu, saat buka puasa bersama WNI di KBRI Riyadh, Khamim sempat menceritakan lika-liku dan pengalaman spiritualnya selama perjalanan dari Pekalongan hingga sampai ke Riyadh.

“Kalau bukan diperjalankan Allah SWT saya nggak mampu, jadi kalau dibilang saya jalan kaki, nggak jalan kaki tapi diperjalankan oleh Maha Pencipta,” papar Khamim (23/06).

Sementara itu, Heri Ahmad yang sempat berbincang-bincang dengan Khamim usai sholat Ied, mengaku sangat terkesan dan terinspirasi dari sosok pria lulusan Universitas Negeri Semarang itu.

“Kalau kita nggak harus niru dengan cara beliau, tapi di bidang kita masing-masing itu sebuah inspirasi untuk melakukan sesuatu total karena Tuhan,” pesan Heri, pria yang berprofesi sebagai ahli peracik kopi.

Informasi terakhir, hari ini Khamim sudah berada di Buraydah, Gasim dan akan melanjutkan perjalanan ke Madinah. Kamim mamulai perjalanannya dari rumah di Kecamatan Wonopringgo, Pekalongan pada tanggal 28 Agustus 2016, berangkat jalan kaki sekitar pukul 22.00 WIB.

Ralat/tambahan:
Khamim juga sempat dijamu dan menginap di wisma KBRI Riyadh. (26/6 13:23)

(TTG, 26/06)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki