Berita > Seputar TKI
Manfaatkan Hari Libur dengan Hal Positif, BMI di HK Ini Dirikan Sekolah Rias
08 Sep 2017 12:33:12 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1054
Ket: Siswa Sanggar Angel Make-Up
Foto: Nadien
Hongkong, LiputanBMI - Kreativitas BMI di Hong Kong ini layak mendapat apresiasi dan acungan jempol dalam memanfaatkan hari libur. Tak seperti buruh migran lainnya yang hanya bersenang-senang ketika liburan, Nadien (34), BMI di Hong Kong asal Banyuwangi, Jawa Timur ini mengajak teman-temannya memanfaatkan hari libur dengan hal positif yang kelak diharapkan bisa menjadi bekal usaha jika sudah pulang ke Indonesia.

Bersama tiga temannya sesama BMI, Lilik Suryani, Siti Alkhoiriah, dan Novi Ekayanti, ia mendirikan sekolah rias pengantin di kawasan Mei Foo, Hong Kong.

Sekolah rias tersebut diberi nama Sanggar Angel Make-Up. Dengan masa belajar seminggu satu kali (ketika hari libur) selama tiga bulan, sejak berdiri pada 30 Oktober 2016 lalu, Sanggar Angel Make-Up telah mewisuda 32 siswa.

“Kita kan tidak mungkin selamanya bekerja di negeri orang. Jadi tujuan kami mendirikan sekolah rias itu selain berbagi ilmu, kami juga berharap ketrampilan ini bisa menjadi bekal untuk buka usaha salon tata rias pengantin setelah pulang ke Indonesia nanti,” kata Nadien kepada LiputanBMI, Kamis (7/9).

Saat ini, lanjut Nadien, sekolah rias yang ia dirikan mempunyai 40 orang siswa dengan tiga pengajar. Selain dirinya, dua pengajar yang lain adalah Lilik Suryani dan pengajar yang baru direkrut, Yudha.

Lebih lanjut Nadien mengatakan, ia mendapat ilmu merias pengantin juga dari sekolah tata rias milik orang indonesia di Hong Kong. Dari situlah ia berkeinginan menularkan ilmu yang didapat kepada teman sesama buruh migran asal Indonesia.

“Kami mendirikan Sanggar Angel Make-Up setelah lulus dan mendapat sertifikat dari sekolah rias ‘Azahra’ di Hung Hom milik Bunda Lia, orang Lampung,” katanya.

Nadien (kedua dari kiri) bersama pendiri Sanggar Angel Make-up lainnya
Ket. foto: Nadien (kedua dari kiri) bersama pendiri Sanggar Angel Make-up lainnya
Sumber foto: Nadien



Untuk menambah semangat belajar dan agar anak didiknya lebih memahami dunia tata rias, Nadien dkk juga mengadakan workshop dengan mendatangkan penata rias dari Indonesia.

Pada Minggu (3/9) lalu, bertempat di Lantai 13 BCC Building Tsim Sha Tsui, Hong Kong, Sanggar Angel Make-Up menggelar workshop tata rias pengantin dengan mendatangkan penata rias Ari Azam dan Rangga dari Lampung.

“Kami mendatangkan penata rias dari lndonesia agar bisa belajar langsung dari ahlinya. Intinya, kami berusaha memanfaatkan hari libur dengan mencari ilmu dan berharap ilmu yang kita dapat bisa menjadi bekal untuk masa depan di negeri sendiri nanti ,” pungkasnya.


(FK, 08/09)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki