Berita > Seputar TKI
Isak Tangis Keluarga Sambut Kepulangan TKW 10 Tahun Tidak Mendapat Gaji dari Jordan
10 Sep 2017 11:41:09 WIB | Redaksi | dibaca 4858
Ket: Siti Aisyah disambut isak tangis keluarga
Foto: LBMI
Amman, LiputanBMI - KBRI Amman akhirnya memulangkan Siti Aisyah binti Kasrim (25), TKI yang selama 10 tahun tidak dipulangkan dan tidak digaji. Kepulangannya juga dibantu pihak Yayasan Tahir Foundation dan Kementerian Ketenagakerjaan.

Kedatangan Siti Aisyah di kampung halamannya Desa Sukadana, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu disambut isak tangis keluarga dan tetangganya pada Jumat (8/9).

Perlu diketahui, Siti Aisyah berangkat ke Jordan saat usianya masih 15 tahun dan duduk dibangku kelas 2 SMP dengan bermaksud untuk membantu perekonomian keluarga memutuskan bekerja sebagai PLRT ke luar negeri.

Siti Aisyah direkrut oleh sponsor bernama Ilah asal Desa Lajer, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, dan pada pertengahan bulan Juli 2007, oleh PT. Reka Wahana Putra diterbangkan ke Jordan.

Setibanya di Jordan kemudian Siti Aisyah bekerja pada majikan bernama Hisham Fahad Saleh Abu Zaid, selama bekerja kurang lebih 10 tahun Siti tidak pernah mendapatkan gaji dan majikan selalu menahan kepulangannya.

Merasa diperlakukan tidak baik oleh majikannya kemudian Siti Aisyah pada awal bulan Januari 2017 memutuskan untuk kabur dari rumah majikan ke KBRI Amman untuk mengadukan permasalahannya serta meminta perlindungan.

Kemudian pengaduannya direspon oleh pihak KBRI dan meminta agar Siti Aisyah untuk tinggal di Shelter KBRI sambil menunggu proses penuntutan atas hak gajinya bekerja selama 10 tahun.

Kasrim (52), ayah kandung Siti Aisyah bersyukur atas kepulangan anaknya yang selama 10 tahun pamit meninggalkan rumah untuk bekerja di Jordan.

"Alhamdulillah akhirnya anak saya dengan selamat bisa dikembalikan pada saya walaupun anak saya seperti merasa kebingungan dengan kondisi sekarang dan ada beberapa keluarganya yang belum dikenalnya harap maklum karena 10 tahun tidak ketemu," ungkap Kasrim.

Sementara itu, Wardani (21), adik kandung TKI yang paling sering berkomunikasi dengan Siti Aisah menyampaikan proses kepulangan kakaknya kepada LiputanBMI. Menurutnya, Siti Aisyah sudah 7 bulan berada di Shelter KBRI Amman ntuk menunggu proses pembayaran gaji dari majikannya.

"KBRI Amman melalui atase ketenagakerjaan sering memanggil majikan namun majikan selalu mangkir dari panggilan,"jelas Wardani menirukan perkataan kakaknya.

"Sehari sebelum pulang, kakak saya telpon bahwa akan dipulangkan oleh pihak KBRI walaupun pihak majikan masih belum membayar gajinya," tutur Wardani. (Juwarih)
(RED, 10/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
ATC Cargo
psstki