Berita > Seputar TKI
Sistem Biometrik untuk Pekerja Asing di Malaysia akan Diimplementasikan Bulan Depan
05 Jan 2018 21:49:39 WIB | Nasrikah | dibaca 924
Ket: ilustrasi pemeriksaan kesehatan
Foto: google
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Sistem Biometrik untuk pemeriksaan kesehatan pekerja migran yang bertujuan untuk mengatasi masalah pemalsuan identitas akan diimplementasikan mulai pada bulan Februari 2018.

Seperti dilansir media Malaysia bernama.com, Kamis (21/12/2017), Direktor dan CEO Badan Pemantau Pemeriksaan Kesehatan Pekerja Asing (Fomema) Datuk Mohd Hatar Ismail mengatakan hal ini terjadi karena peningkatan sistem komputer di beberapa klinik panel Fomema masih berlangsung.


"Pengembangan sistem integrasi Fomema dan sistem teknologi informasi Departemen Imigrasi untuk tujuan tersebut juga pada tahap akhir," tuturnya kepada Bernama .

Sistem biometrik awalnya dijadwalkan untuk dilaksanakan Oktober lalu.

Melalui sistem ini, pekerja asing akan diminta untuk menggunakan identifikasi sidik jari biometrik untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di lebih dari 3.000 klinik panel Fomema dalam upaya memastikan bahwa hanya pekerja sehat yang boleh bekerja di Malaysia.

Mohd Hatar mengatakan bahwa Fomema sejauh ini telah mendistribusikan biometric reader ke lebih dari 2.000 klinik dan akan terus dilakukan sebelum sistem diimplementasikan.


(NS/IYD, 05/01)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki