Berita > Seputar TKI
Program Re-hiring Berakhir, KBRI KL Imbau Masyarakat Waspada Calo
05 Jan 2018 23:34:40 WIB | Nasrikah | dibaca 2035
Ket: KBRI KL
Foto: LBMI
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Program Re-hiring secara resmi telah berakhir pada tanggal 31/12/2017. Kementerian Dalam Negeri Malaysia secara resmi telah menyampaikan kepada KBRI dan Kedutaan Besar Negara Asing lainnya perihal berakhirnya program Re-hiring melalui surat no. KDN.IM.S.600-4/1/4Jld. 16(29), tertanggal 2 Januari 2018. Namun demikian, bagi yang sudah mendaftar diberikan waktu untuk menyelesaikan proses pengurusan dokumen hingga tanggal 30 Juni 2018.

Untuk itu, KBRI Kuala Lumpur menghimbau kepada seluruh WNI yang ada di Malaysia agar berhati-hati dan tidak terbujuk dengan tawaran program Re-hiring yang ada setelah ini dari pihak-pihak tertentu.

Melalui siaran pers, Kamis (4/1/2018), KBRI menyebut bahwa program Penghantaran Pulang Sukarela atau istilah 3+1 diperpanjang hingga 30 Juni 2018. Pemerintah Malaysia telah menunjuk 8 syarikat yang dapat menerima pendaftaran diantaranya: Bukit Mahligai Sdn Bhd, Bukit Megah Sdn Bhd, Harfaase Resource Sdn Bhd, International Marketing and Net Resource Sdn Bhd, Kericom Sdn Bhd, Perunding Zon Jenih Sdn Bhd, PMF Consortium dan Profound Radiance Sdn Bhd.

Melalui surat yang sama, KDN telah menetapkan biaya untuk mengikuti Program 3+1 sebesar RM 800.00 yang meliputi komponen RM 20 untuk asuransi, RM 380.00 biaya jasa syarikat, dan RM 400.00 untuk compound dan special pass yang dibayarkan langsung kepada Jabatan Imigresen (JIM). Biaya belum termasuk tiket transportasi kembali ke Indonesia yang harus dibeli dari pihak-pihak tertentu.

Siaran Pers KBRI KL
Ket. foto: Siaran Pers KBRI KL
Sumber foto: LBMI



Sehubungan dengan hal tersebut, KBRI mengimbau kepada seluruh WNI yang ada di Malaysia agar berhati-hati dan tidak terbujuk dengan tawaran program Re-hiring yang ada setelah ini dari pihak-pihak tertentu.

Sementara kepada PATI WNI, KBRI mengimbau agar mempertimbangkan untuk mengikuti program Pulang Sukarela (Program 3+1) ke Indonesia. Dengan program ini, WNI dapat kembali ke Indonesia melalui jalan yang sah, nyaman dan aman. KBRI juga mengiimbau agar WNI menghindari calo dalam pegurusannya.


(NS/IYD, 05/01)

BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki