Berita > Ekosospol
Seorang Ekspatriat di Najran Terkena Puing Rudal
01 Apr 2018 02:49:48 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1919
Ket: ilustrasi
Foto: google
Najran, LiputanBMI - Seorang ekspatriat asal India mengalami luka-luka karena tertimpa puing-puing rudal balistik yang ditembakkan ke Najran oleh pasukan Houthis yang diduga didukung Iran. Rudal itu dicegat dan dihancurkan oleh Angkatan Pertahanan Udara Kerajaan Saudi Hingga berita ini diturunkan belum diketahui kondisi terkahir korban.

Sebagaimana dilaporkan Saudi Gazette, Sabtu 31 Maret 2018, juru bicara Pertahanan Sipil di wilayah Najran Kapten Abdul Khaliq Ali Al-Qahtani mengatakan tim Pertahanan Sipil di kota Najran menemukan puing-puing jatuh dari rudal setelah itu dicegat dan dihancurkan oleh Pasukan Pertahanan Saudi.

Juru bicara Pasukan Koalisi Mendukung Legitimasi di Yaman, Kolonel Turki Al-Maliki mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Saudi Press Agency bahwa rudal itu ditembakkan pada pukul 10:16, Sabtu pagi.

Kolonel Maliki mengungkapkan, aksi permusuhan ini membuktikan keterlibatan berkelanjutan rezim Iran dalam mendukung kelompok bersenjata Houthi dengan kemampuan kualitatif dalam pelanggaran yang jelas terhadap Resolusi PBB No. 2216 dan No. 2231.

Menurutnya, penembakan rudal balistik di kota-kota dan desa-desa berpenduduk bertentangan dengan hukum humaniter internasional.

Houthi yang selaras dengan Iran telah meluncurkan sejumlah rudal di berbagai wilayah Arab Saudi.

Koalisi pada hari Kamis mengatakan, pihaknya mencegat rudal lain yang ditembakkan oleh kaum Huthis di kota selatan Jizan, yang terbaru dalam serangkaian serangan semacam itu yang telah mengundang kecaman luas.

Pekan lalu, Angkatan Pertahanan Udara Saudi juga mencegat puing rudal yang jatuh sehingga menyebabkan kematian pertama di ibu kota Riyadh. Arab Saudi menuduh Iran sebagai pemasok rudal tersebut.

Dewan Keamanan PBB pekan ini mengutuk beberapa serangan rudal yang diluncurkan oleh Huthis di wilayah Saudi. Menurut PBB hal ini akan menjadi ancaman bagi keamanan regional.

Bagi WNI di kota Najran yang membutuhkan bantuan silakan hubungi Hotline KJRI Jeddah 0581781945 - 0503609667 atau bisa menghubungi satgas Najran Bapak Herlan 0531903449.

(IYD/IYD, 01/04)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki