Berita > Seputar TKI
BP3TKI Bandung Akhirnya Berhasil Temukan Keluarga PMI Sakit dari Malaysia
13 May 2018 01:49:13 WIB | Juwarih | dibaca 725
Ket: Serah terima PMI bernama Ani oleh staf BP3TKI Bandung kepada Suwito, keponakan Ani dengan di saksikan pihak RT setempat di Blok Karang Mulek, Rt. 010, Rw. 002, Desa Gabus Wetan, Kecamatan Gabus Wetan, Kabupaten Indramayu.
Foto: BP3TKI Bandung
Indramayu, LiputanBMI - Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung akhirnya berhasil menemukan keluarga pekerja migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan dari Johor, Malaysia karena sakit.

Sebelum dipulangkan dari Malaysia pada 9 Mei 2018, PMI bernama Ani tersebut dirawat di Hospital Kota Tinggi, Johor karena terkena stroke. Ketika itu, KJRI Johor Bahru sempat merasa kesulitan akan memulangkan Ani karena tidak ada satu pun dokumen yang menunjukkan identitas dan alamat di Indonesia.

"Setelah muter-muter di tiga kecamatan di Indramayu, alhamdulillah akhirnya kami berhasil menemukan keluarga PMI Ani di Desa Gabus Wetan, Kecamatan Gabus Wetan, Indramayu," kata Ali Imron, staf BP3TKI Bandung kepada LiputanBMI, Sabtu (12/5/2018).

Ali menceritakan, ia sebelumnya sempat mendatangi tiga desa dengan kecamatan yang berbeda di Indramayu untuk mencari keluarga PMI bernama Ani tersebut.

"Pertama saya mendatangi Desa Krasak, Blok Sukamelang, Kecamatan Jatibarang. Kemudian Desa Sukamelang, Kecamatan Kroya dan yang ketiga ke Desa Sukamulya, Blok Sukamelang, Kecamatan Kandanghaur. Tapi tidak juga berhasil menemukan keluarganya," jelas pegawai di LTSP Indramayu tersebut.

Ali menjelaskan, Ani telah diserahkan kepada keluarganya dengan disaksikan pihak RT dan diterima oleh Suwito, keponakannya

"Serah terima Ani kepada keluarga oleh Patul Rosad, Lasiana, dan Ali Imron staf BP3TKI Bandung dan diterima oleh Suwito, keponakan Ani dengan di saksikan pihak RT setempat di 10/02 Blok Karang Mulek, RT 010, RW 002, Desa Gabus Wetan, Kecamatan Gabus Wetan, Kabupaten Indramayu," paparnya.

Ani dipulangkan dari Johor, Malaysia menggunakan jalur laut dari Pelabuhan Stulang Laut, Johor tujuan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau pada Rabu (9/5) lalu. Selanjutnya, pada 10 Mei 2018 BP3TKI Tanjung Pinang menerbangkan Ani ke Bandung, Jawa Barat menggunakan pesawat Lion Air dan proses pencarian keluarga Ani diserahkan ke BP3TKI Bandung.

(JWR/FK, 13/05)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki