Berita > Seputar TKI
KJRI Johor Imbau WNI yang Akan Masuk Malaysia Gunakan Jalur Resmi
03 Jul 2018 21:42:57 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1019
Ket: ilustrasi
Foto: google
Johor Bahru, LiputanBMI - KJRI Johor Bahru mengimbau masyarakat Indonesia yang hendak memasuki/bepergian ke Malaysia agar selalu menggunakan jalur resmi dan prosedur yang sah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Imbauan tersebut terkait tragedi tenggelamnya perahu pengangkut TKI yang kembali terjadi di Perairan Tanjung Balau, Kota Tinggi, Johor, Minggu (1/7) malam lalu ketika akan masuk ke Malaysia melalui jalur tidak resmi.

KJRI Johor Bahru mencatat, dalam tiga tahun terakhir, setiap tahun terjadi peristiwa perahu karam dan menimbulkan banyak korban.

Pada 2016 tercatat 2 peristiwa perahu karam dengan korban meninggal dunia sebanyak 37 orang dan pada tahun 2017 tercatat 3 peristiwa dengan korban meninggal mencapai 50 orang.

Sementara pada kejadian Minggu (1/7) lalu, tercatat 2 orang meninggal dan hingga Selasa (3/7) petang, sekitar 17 orang lainnya belum ditemukan.

Kejadian-kejadian nahas tersebut menimpa perahu yang diduga membawa WNI yang bermaksud akan masuk ke Malaysia secara ilegal melalui ‘jalur tikus’.

Dari beberapa kejadian sebelumnya, selain akibat cuaca buruk, kecelakaan terjadi akibat kelebihan muatan dan tidak adanya standar keselamatan pada perahu yang mereka ditumpangi.


(FK/FK, 03/07)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki