Berita > Seputar TKI
Mantan PMI Arab Saudi, 2019 Maju Nyaleg di Dapil I DPRD Serang
05 Jul 2018 16:05:34 WIB | Juwarih | dibaca 731
Ket: Sebelah kiri Sekretariat DPD Perindo Kabupaten Serang, Nina Yulyana Hakim, dan di sebelah kanan Maftuh Hafi saat menyerahkan berkas persyaratan bakal Caleg.
Foto: Maftuh Hafi
Serang, LiputanBMI - Maftuh Hafi (40), seorang mantan pekerja migran Indonesia Arab Saudi dan juga pernah menjadi ketua Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Buruh Migran Indonesia (DPW-SBMI) Provinsi Banten, secara resmi telah mendaftarkan dirinya sebagai calon legislatif/Caleg untuk Dapil I DPRD Kabupaten Serang melalui Partai Persatuan Indonesia (PERINDO), pada Rabu 4 Juli 2018.

"Kemarin (Red. Rabu) saya telah mendatangi Kantor DPD PERINDO di Jl. Raya Serang - Jakarta, KM. 9.5, Nambo, Ciruas, Serang, Banten, untuk menyerahkan sejumlah berkas persyaratan sebagai bakal caleg di Dapil I Serang," ujar Maftuh Hafi, kepada LiputanBMI melalui sambungan seluler, pada Kamis (5/7/2018).

Maftuh mengatakan, kedatangan dirinya di kantor DPD PERINDO Serang diterima langsung oleh Sekretaris daerah partai Perindo, Nina Yulyana Hakim, di ruangannya.

"Alhamdulillah penyerahan berkas bakal caleg saya di terima langsung oleh Sekertaris DPD II PERINDO Serang, ucap pria warga Desa Domas, Rt 010, Rw 003, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Banten.

Maftuh menyampaikan, dirinya memutuskan untuk bersedia maju sebagai bakal calon legislatif atas dasar keperihatinannya terhadap permasalahan pekerja migran Indonesia yang masih belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah Serang.

"Selama saya di SBMI sering mendapatkan pengaduan dari pekerja migran maupun keluarganya yang menjadi korban untuk menyampaikan permasalahannya, mulai dari hilang kontak, penyiksaan, tidak mendapat gaji, penipuan, sampai kasus TPPO," papar Bacaleg dari Perindo tersebut.

Maftuh memaparkan, data kasus yang ia tangani selama menjabat sebagai DPW SBMI Banten pada tahun 2017 sebanyak 291 kasus sedangkan di tahun 2018 bulan Januari hingga Juni sejumlah 57 permasalahan PMI asal Banten yang ia tangani.

"Permasalah tersebut sebagai cerminan ketidakberpihakan Pemda terhadap isu PMI, dikarenakan minimnya akses layanan informasi buat calon PMI sehingga tak sedikit warga Serang direkrut secara unprosesural dan menjadi korban trafficking," ujar Maftuh.

Dengan memutuskan untuk maju sebagai caleg dari Partai Perindo, ia berharap mampu menyerap aspirasi warganya yang bekerja di luar negeri.

"Saya berharap dengan maju menjadi Caleg bisa mewakili suara dari PMI, dan jika nanti terpilih komitmen saya akan memperjuangkan kepentingan pekerja migran di legislatif, agar permasalahan PMI di Kabupaten Serang dapat di tangani dengan lebih baik lagi," pungkasnya.
(JWR/TTG, 05/07)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki