Berita > Ekosospol
Mulai Pertengahan Agustus, Gaji Pokok di Taiwan akan Naik Menjadi 150/Jam
28 Jul 2018 23:56:23 WIB | Yully Agyl | dibaca 5570
Ket: Gambar uang Taiwan
Foto: Google
Taipei, LiputanBMI - Untuk menyesuaikan gaji pokok di Taiwan, pertengahan bulan depan pemerintah Taiwan akan mengumumkan kenaikan gaji pokok dari NTD 140/jam menjadi NTD 150/jam. Pada pertemuan komite, peninjauan upah minimun tahun ini diharapkan akan diadakan di pertengahan bulan depan.

Pertemuan tersebut akan dihadiri oleh perwakilan dari pekerja, penanam modal, pelajar, pengamat politik, guna membahas dan menentukan apakah gaji pokok akan dinaikkan atau tidak. Setelah komite peninjau membuat rekomendasi, maka akan diajukan ke Eksekutif Yuan untuk disetujui.

Seperti dilansir Appledaily, Jumat (27/7/2018), Pimpinan Parlemen Eksekutif Yuan, Lai Qingde (賴清德), baru-baru ini mengadakan konferensi pers dan mengumumkan bahwa gaji pokok akan dinaikkan menjadi NTD 150/jam pada pertengahan bulan depan .
Saat ini, gaji standar yang berlaku di Taiwan adalah NTD 22.000/bulan dengan perhitungan gaji perjamnya NTD 140.

Gaji standar tersebut berlaku juga pada Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di sektor formal. Apabila sampai diketahui gaji yang diterima di bawah gaji standar yang ditetapkan oleh UU Perburuhan Taiwan, maka perusahaan atau majikan akan dikenakan denda NTD 20.000 s/d NTD 1 juta.

Selama kurun waktu 8 tahun terakhir, Pemerintah Taiwan telah menaikkan gaji pokok sebanyak tujuh kali. Terakhir kenaikan gaji yang mencapai NTD 22.000/bulan mulai berlaku awal Januari tahun ini. Dengan demikan gaji di Taiwan lebih tinggi dibandingkan Hong Kong dan China, akan tetapi masih kalah dengan negara-negara besar lainnya seperti Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman. Korea Selatan baru-baru ini mengumumkan akan menaikkan gaji pokok (jika dikurskan NTD) menjadi NTD 239/jam mulai tahun depan, yang berarti gaji perbulannya sekitar NTD 47.000. (HM)
(YLA/YLA, 28/07)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki