Berita > Seputar TKI
Agency di Taiwan Diduga Banyak yang Gelapkan Uang Sisa Pajak
03 Aug 2018 15:39:52 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 1592
Ket: doc. pajak
Foto: google
Taipei, LiputanBMI - Setiap Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Taiwan wajib membayar pajak pendapatan gabungan setiap tahunnya. Pembayaran pajak dilakukan setiap tahunnya pada tanggal 1 ~ 31 Mei. Jika masih ada sisanya maka akan dikembalikan setelah bulan Juli sampai bulan Januari tahun berikutnya.

Banyak sekali TKA yang belum paham tentang sistem pembayaran pajak dan pengembalian sisa uang pajak. Sehingga dapat menjadi makanan empuk bagi agency yang tidak bertanggung jawab.

Setiap tahunnya pada bulan Desember, agency harus melakukan pelaporan semua jenis pajak termasuk pajak pendapatan gabungan ke kantor pajak di wilayah kerja masing-masing.

Kasus yang sering masuk ke pengaduan KDEI adalah banyaknya PMI yang bekerja di sektor formal tidak menerima kembalian uang pajak.

Sedangkan setiap bulannya ada perincian potongan uang buat membayar pajak pada slip gaji.

"Saya tanyakan ke depnaker katanya uang pajak saya sudah di ambil agency, tapi tidak dikasihkan ke saya," demikian keterangan salah satu PMI, Marn beberapa waktu lalu pada LiputanBMI.


"Di pabrik saya ada sekita 80 ~ 90 TKA, kenapa pengembalian sisa pajak tidak sama. Bukankah setiap tahun harus dikembalikan pada kita, untuk tahun 2017 harusnya tahun ini bisa keluar," kata Slamet PMI di Taichong menambahkan.(HM)
(IYD/IYD, 03/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
jambore keluarga migran 2018
ATC Cargo
psstki