Berita > Ekosospol
KJRI Jeddah Peringati HUT ke-73 RI dengan Upacara Bendera dan Panggung Gembira
17 Aug 2018 19:42:22 WIB | Redaksi | dibaca 388
Ket: upacara bendera di KJRI Jeddah
Foto: KJRI Jeddah
Jeddah, LiputanBMI - Konsulat Jederal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi, menyelenggarakan upacara bendera memperingati hari ulang tahun ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia yang tahun ini jatuh pada Jumat, 17 Agustus 2018.

Upacara yang berlangsung tepat pukul 6:00 waktu Arab Saudi di halaman Balai Nusantara Wisma Konjen RI diikuti oleh keluarga besar KJRI, para guru sekolah dan perwakilan siswa Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) serta perwakilan unsur masyarakat.

Pengibaran Bendera Merah-Putih dilaksanakan oleh Paskibra beranggotakan 28 orang yang direkrut dari siswa SIJ yang telah menjalani pelatihan cukup lama.

Bertindak sebagai inspektur upacara Konsul Jederal RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, Pembina Upacara, Pelaksana Fungsi Konsuler-1, Safaat Ghofur, dan Komandan Upacara, Pelaksana Fungsi Pensosbud, Umar Badarsyah.

Usai pelaksanaan upacara, para peserta diarahkan memasuki Balai Nusantara untuk menyaksikan panggung gembira yang diisi dengan penampilan Rehab-5 Band yang menghadirkan seorang vokalis dari Jakarta, Fathia Izzati, yang juga merupakan seorang youtuber kondang Indonesia. Acara dilanjutkan dengan sambutan Konjen RI Jeddah dan pemotongan tumpeng sebagai wujud tasyakur atas nikmat kemerdekaan.

“Tema Hari Kemerdekaan kita tahun ini adalah ‘Kerja Kita, Prestasi Bangsa.’ Artinya hanya dengan bekerja keras, kita akan meraih kejayaan dan kemakmuran,” ucap Konjen dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Konjen mengajak tamu yang hadir untuk turut mendoakan para jemaah haji yang saat ini tengah berada di Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji agar diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar dan memperoleh haji mabrur.

Selain berdoa untun jemaah haji, Konjen juga mengajak untuk mendoakan agar bangsa Indonesia menjadi kuat, bersatu, harmonis saling menjaga kerukunan dan bukan menjadi bangsa yang gemar mendebat kebencian, fitnah dan kebohongan.

“Hari ini adalah hari yang baik, bulan ini bulan yang baik, tempat ini adalah tempat baik, marilah kita berdoa bersama untuk kejayaan bangsa kita,” ajak Konjen.

Rangkaian kegiatan upacara diakhiri dengan lomba-lomba tradisional yang diikuti oleh kalangan dewasa dan anak-anak, antara lain, balap kekeringan, memasukkan pensil dalam botol, makan kerupuk, melukis wajah, bapak karung dan tarik tambang.


(RED/FK, 17/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki