Berita > Komunitas
KAMI Gelar Pelatihan Paralegal For Migran
30 Aug 2018 13:36:26 WIB | Yully Agyl | dibaca 590
Ket: Pelatihan paralegal for migrant yang diadakan oleh KAMI
Foto: Dokpri Kholik
Malang, LiputanBMI - Keluarga Migran Indonesia (KAMI ) bekerjasama dengan Pusat Bantuan Hukum Dompet Dhuafa (PBH D-D) menyelenggarakan Pelatihan Paralegal for Migrant angkatan III di Hotel Palem, Malang, Jawa Timur, selama dua hari (28- 30/8/2018).

Dengan pembicara Busyra, S.H. serta Arah Rahmadani S.H, advokat dari PBH-DD pusat dan dihadiri oleh anggota KAMI, PBH D-D, para aktifis, serta perwakilan dari beberapa purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Taiwan, Hongkong, Singapura, dan Brunei Darussalam.

KAMI menyelenggarakan pelatihan tersebut bertujuan menyiapkan paralegal agar bisa membantu PMI dan juga akan menyiapkan lawyer guna membantu PMI yang bermasalah. Selain itu Dompet Dhuafa juga telah menyiapkan dua lawyer untuk ditugaskan membantu PMI secara gratis.

Dalam kesempatan tersebut pembicara pelatihan, Arah Ramadani menjelaskan bahwa semua PMI harus mendapat perlindungan bantuan hukum sehingga hak-haknya bisa terlindungi.

"Setiap PMI harus mendapat perlindungan bantuan hukum, " jelas Arah Ramadani yang sekarang bertugas sebagai advokad di PBH -DD.

Acara pelatihan berlangsung lancar tertib dan diteruskan dengan acara dialog tanya jawab dari beberapa peserta latihan. Peserta kebanyakan mengusulkan supaya hak-hak PMI di lindungi selama . Selama ini yang mereka tahu PMI terkesan diabaikan.

"Tujuan diadakannya pelatihan adalah untuk menggembleng paralegal supaya bisa membantu PMI. Juga menyiapkan lawyer untuk membantu PMI yang bermasalah di negara penempatan, " ujar salah seorang peserta Achmad Kholik mantan PMI Taiwan kepada LiputanBMI, Selasa (8/30).

“Usulan dari teman-teman meminta supaya hak PMI dilindungi, karena selama ini masih banyak yang terabaikan,” pungkas Kholik.
(YLA/YLA, 30/08)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki