Berita > Ekosospol
Dubes Rusdi: Semua WNI di Malaysia Berhak Dapat Paspor Tanpa Diskriminasi
30 Sep 2018 19:50:53 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 6547
Ket: Dubes Rusdi Kirana
Foto: FB KBRI KL
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Semua Warga Negara Indonesia (WNI) berhak mendapatkan paspor. Begitu juga WNI yang berada di Malaysia. Tanpa membedakan apakah WNI tersebut mempunyai izin kerja yang sah atau tidak, mereka tetap berhak mendapatkan paspor.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar RI di Malaysia, Rusdi Kirana dalam acara “Curhat dengan Dubes Rusdi Kirana’ melalui siaran langsung (live) Facebook, Minggu (30/9).

“Soal paspor, itu hak kalian. Jangan khawatir, datang saja ke KBRI Kuala Lumpur. Ada Atase Hukum yang akan memverifikasi apakah Anda betul-betul WNI atau bukan. Jika memang WNI, Anda berhak mendapatkan paspor,” katanya.

Lebih lanjut Dubes Rusdi mengatakan, KBRI Kuala Lumpur tidak akan pernah mempersoalkan status pemohon pembuatan paspor apakah sebagai pekerja migran berdokumen sah atau tidak.

“Tentang status pemohon legal atau ilegal, haknya untuk mendapatkan paspor tidak boleh dilepaskan. Jadi, datang saja ke KBRI. Mau legal atau ilegal, asalkan mereka WNI, tidak ada alasan untuk tidak memberikan paspor kepada mereka karena sekali lagi, setiap WNI berhak mendapatkan paspor,” jelasnya.

Meski demikian, kata Dubes, proses pembuatan paspor akan lebih mudah apabila pemohon mempunyai dokumen pendukung yang menyatakan sebagai WNI seperti Kartu Keluarga (KK) atau KTP. Apalagi bagi WNI yang pernah mempunyai paspor, meskipun masa berlakunya sudah habis.

“Bawa saja dokumen yang ada, KTP atau KK. Apalagi jika punya paspor lama, pasti akan kami berikan paspor baru. Bahkan yang tidak punya paspor pun kita bisa berikan paspor asalkan mereka memang WNI,” jelas Dubes.


(FK/FK, 30/09)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki