Berita > Seputar TKI
KJRI Penang Berhasil Perjuangkan Gaji PMI 11 Tahun Tak Dibayar Sebesar Rp 374,3 Juta
03 Oct 2018 21:45:39 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1887
Ket: Konsul Jenderal RI Penang ketika menyerahkan sisa pembayaran gaji kepada Siti Khasanah
Foto: KJRI Penang
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Hanya dalam waktu seminggu setelah pembayaran awal pada 25 September lalu, gaji Siti Khasanah yang 11 tahun tidak pernah dibayar oleh majikannya telah tuntas diperjuangkan KJRI Penang.

Majikan Siti Khasanah telah membayarkan sisa hak gaji sebesar RM 55.950 (sekitar Rp 203,8 juta), Rabu, 3 Oktober 2018, di kantor KJRI Penang.

Dalam keterangan tertulis yang diterima LiputanBMI, Rabu (3/10), KJRI Penang menyebutkan, dengan pembayaran ini, total hak gaji yang dibayarkan majikan dan telah diterima Siti Khasanah kurang lebih sebesar Rp 374,3 juta.

Seperti diberitakan sebelumnya, Siti Khasanah adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Cianjur, Jawa Barat yang bekerja kepada seorang majikan di daerah Pulau Penang, Malaysia.

Baca: KJRI Penang Berhasil Urus Gaji PMI yang Tak Pernah Dibayar Selama 11 Tahun

Selama 11 tahun bekerja pada majikan, ia tidak pernah diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan tidak pernah pulang ke Indonesia.

Bahkan, selama bekerja sebagai PRT di rumah majikannya sejak tahun 2007, Siti Khasanah tidak pernah menerima gaji.

Siti Khasanah melarikan diri dari rumah majikan pada tanggal 24 September 2018 dan pengaduannya langsung ditangani oleh KJRI Penang.

Pada 25 September 2018 atau satu hari setelah melarikan diri dari rumah majikan, Siti Khasanah telah menerima pembayaran awal dari majikan sebesar RM 46.800 dan pelunasannya diselesaikan satu minggu setelahnya.

Saat ini KJRI Penang sedang mengurus proses administrasi kepulangan Siti Khasanah di kantor Imigrasi Malaysia.

(FK/FK, 03/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki