Berita > Seputar TKI
Mulai Januari Tahun Depan, Majikan di Singapura Dilarang Simpan Gaji PRT-nya
08 Oct 2018 19:24:29 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 353
Ket: MOM Singapura
Foto: chanelnewsasia.com
Singapura, LiputanBMI - Kementerian Ketenagakerjaan (MOM) Singapura menegaskan, mulai 1 Januari 2019, para majikan tidak lagi diizinkan untuk menyimpan uang milik Pekerja Rumah Tangga (PRT) mereka, termasuk gaji yang dibayarkan.

Seperti dilansir channelnewsasia.com, dalam siaran pers, Minggu (7/10), MOM menyebutkan akan memperkenalkan ketentuan ini untuk melindungi majikan dan PRT asing (FDW) dari perselisihan terkait uang.

Sekretaris Parlemen Senior untuk Tenaga Kerja, Low Yen Ling mengatakan, “Kami sadar bahwa majikan menyimpan uang pekerja rumah tangga asing mereka dengan aman karena berbagai alasan, termasuk melakukannya atas permintaan PRT mereka.

“Namun, pengaturan semacam itu mungkin secara tidak sengaja menyebabkan perselisihan. Dengan tidak memperbolehkan majikan untuk menyimpan gaji, MOM berusaha melindungi kepentingan majikan maupun PRT.”

MOM menilai, praktik para majikan menyimpan uang PRT mereka menimbulkan ketidaknyamanan dan risiko bagi kedua belah pihak.

PRT asing yang tidak memiliki akses langsung terhadap uang mereka harus mendekati majikan ketika sedang membutuhkan uang.

Di sisi lain, majikan harus berurusan dengan ketidaknyamanan dalam melacak jumlah uang yang benar untuk dibayarkan kepada PRT-nya.

Risiko lain termasuk apabila majikan tidak memiliki dokumentasi yang tepat ketika mendapat klaim dari PRT mereka yang mungkin merasa tidak nyaman untuk meminta pengembalian uangnya.

MOM menyebut, aturan hukum mengharuskan majikan untuk membayar gaji pekerja rumah tangga asing mereka secara penuh dan tepat waktu.

Demi kemudahan transaksi dan pemeliharaan catatan gaji yang tepat, para majikan didorong untuk membayar gaji para PRT asing mereka secara online.

Majikan dapat membantu PRT baru mereka mengajukan permohonan untuk rekening bank, seperti rekening Payroll POSB, selama proses penerbitan izin kerja (work permit).
(FK/FK, 08/10)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki