Berita > Seputar TKI
WNI Asal Jember Terbebas dari Hukuman Mati di Malaysia
08 Nov 2018 20:40:25 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 674
Ket: ilustrasi
Foto: Sindonews
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Seorang WNI di Malaysia asal Jember, Jawa Timur bernama Ahmad Tofiq (36) dikabarkan terbebas dari ancaman hukuman mati atas tuduhan sebagai pengedar narkoba.

Sebelumnya, Ahmad Tofiq telah didakwa dengan pasal 39B(1)(a) Akta Dadah Berbahaya 1952 yang ancaman hukumannya adalah hukuman mati karena dituduh mengedarkan dan memiliki narkoba seberat 3266,6 gram pada 6 April 2016.

Namun, dalam persidangan di Mahkamah Tinggi Shah Alam, Kamis (8/11/2018) jaksa tidak berhasil membuktikan bahwa Ahmad Tofiq adalah pengedar dan pemilik narkoba tersebut.

“Mahkamah tidak berhasil membuktikan bahwa Tofiq adalah pemilik narkoba itu, sehingga dia lolos dari ancaman hukuman mati,” kata Saiful Aiman, WNI di Malaysia yang bertindak sebagai penerjemah mahkamah.

Ketika dikonfirmasi LiputanBMI, Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Kuala Lumpur, Yusron B Ambary membenarkan bahwa pada persidangan hari ini Ahmad Tofiq dibebaskan dari tuduhan sebagai pengedar narkoba.

Akan tetapi, kata Yusron, keputusan tersebut belum berkekuatan hukum tetap karena jaksa masih bisa mengajukan banding.

“Di sidang hari ini dia bebas, tapi masih belum inkracht. Jaksa masih bisa mengajukan banding di Mahkamah Rayuan. Saat ini yang bersangkutan ditahan di depo imigrasi. Jaksa punya waktu 14 hari untuk mengajukan banding,” katanya.

Lebih lanjut Yusron menjelaskan, selama persidangan Tofiq didampingi oleh Pengacara KBRI.
(FK/FK, 08/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki