Berita > Ekosospol
Indonesia - Taiwan Tandatangani MoU Tentang Kerja Sama Ekonomi
20 Nov 2018 19:48:32 WIB | Yully Agyl | dibaca 215
Ket: Ilustrasi
Foto: CNA
Taipei, LiputanBMI - Indonesia dan Taiwan menandatangani nota kesepahaman mengenai kerja sama ekonomi komprehensif guna menjalin hubungan bisnis yang lebih erat pada Senin (19/11/2018).

Didi Sumedi, kepala Kantor Perdagangan dan Ekonomi Indonesia di Taipei dan John C. Chen (陳忠), kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei di Indonesia menandatangani MoU atas nama masing-masing negara.
Menteri Perekonomian Taiwan, Shen Jong-chin (沈榮 津) dan Wakil Menteri Ekonomi, Wang Mei-hua (王 美 花), turut menyaksikan penandatanganan MoU.

Sebagaimana dilansir CNA, Selasa (20/11), Chen mengatakan perjanjian itu adalah bagian dari upaya pemerintah Taiwan untuk mendorong pertukaran di bawah Kebijakan Baru Selatan, yang berusaha mengurangi ketergantungan ekonomi pada China.
Di bawah nota kesepahaman (MoU), Taiwan dan Indonesia akan mendirikan sebuah platform untuk komunikasi bilateral sehingga mereka dapat bekerja sama dalam bidang-bidang seperti infrastruktur dan pembentukan zona ekonomi khusus.

Selain itu, kedua negara juga akan bekerja sama dalam perdagangan, pengembangan industri, investasi, pertanian, dan pelatihan bagi pejabat pemerintah. MoU ini akan berfungsi sebagai kerangka kerja guna pembentukan kelompok kerja yang akan memetakan proyek kerja sama khusus, yang diharapkan dapat membantu investor Taiwan di Indonesia memperoleh peluang bisnis lebih banyak.

MoU juga akan membantu perusahaan Taiwan mendapatkan visibilitas yang lebih besar di Indonesia dan meningkatkan pangsa pasar kedua negara. Sementara itu, pembangunan industri di Indonesia akan ditingkatkan seiring investasi Taiwan meningkat, sehingga akan lebih banyak menciptakan lapangan pekerjaan yang akan membantu pertumbuhan ekonomi.

Indonesia memilih bekerja sama di bidang infrastruktur dengan Taiwan, karena memiliki reputasi baik di bidang tersebut.
(YLA/YLA, 20/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki