Berita > Seputar TKI
PMI Asal Palembang Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Mandarin di Taiwan
27 Nov 2018 11:12:39 WIB | Juwarih | dibaca 1325
Ket: Penyelenggaraan Medali pada Lomba Pidato Berbahasa Mandarin di Taipei pada Minggu 25 November 2018
Foto: LiputanBMI
Taipei, LiputanBMI - Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) bernama Dessy Riana (39), warga Komplek Pusri Borang Sako, Kabupaten Palembang, Sumatera Selatan berhasil merebut juara 1 di kejuaraan lomba Pidato Berbahasa Mandarin di Taipei, pada Minggu 25 November 2018.

Lomba yang diselenggarakan oleh Departemen Tenaga Kerja Taiwan, GWO dan Hello Taipei untuk para pekerja asing tersebut di ikuti oleh lebih dari 50 peserta pekerja migran dari Indonesia, Philipina, Thailand dan Vietnam di Taiwan.

Kejuaraan yang merebutkan total hadiah sebesar 120.000 NT disapu bersih oleh peserta asal Indonesia. Juara 1 diperoleh Dessy Riana, mendapatkan hadiah utama sejumlah 20.000 NT, untuk juara 2 Ucik Prasetyaningsih, asal Ponorogo, Jawa Timur dan juara 3 diraih Herpianti Togatorop, masing-masing mendapatkan hadiah sebesar 15.000 serta 12 000 NT juara untuk juara 2 dan 3 direbut oleh sesama pekerja migran Indonesia

"Senang, terharu, dan kaget karena gak nyangka kalau saya yang jadi juara utamanya, padahal pesertanya hebat-hebat, ucap Dessy Riana mengekspresikan kegembiraannya saat dikonfirmasi LiputanBMI melalui sambungan telepon, pada Selasa (27/11/2018).

Pemilik akun Facebook Yomi Hevandcky berhasil sebagai juara utama setelah mampu bersaing dengan peserta dari Vietnam, Philipina, Thailand dan juga sesama rekan pekerja migran asal Indonesia.

"Alhamdulillah juri memilih saya sebagai juara 1, saya bangga bisa menjuarai lomba ini dan bisa bersaing menyisih banyak peserta dari negara lainnya," ungkap Dessy.

Dessy berhasil sebagai juara 1 setelah pidato yang berjudul "Kampung Halamanku" yang menggambarkan akulturasi budaya Indonesia dan Tionghoa di Palembang, Sumatra Selatan mampu menarik perhatian para juri.

Sementara itu, sebagaimana dilansir Antaranews Asia Tenggara, Kepala Bidang Tenaga Kerja KDEI Taipei, Sri Indah Wijayanti merasa bangga atas prestasi yang diraih para Pekerja Migran Indonesia di Taiwan.

Perlombaan yang diadakan oleh pemerintah Taiwan itu bertujuan untuk mengenalkan pariwisata yang ada di Indonesia kepada masyarakat Taiwan.

"Selamat kepada para juara, semoga semakin berprestasi mengharumkan nama bangsa terutama Pekerja Migran Indonesia di kancah dunia," pungkasnya.
(JWR/IYD, 27/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki