Berita > Seputar TKI
LTSP Indramayu Jadi Percontohan Disnaker Cilacap
28 Nov 2018 19:06:32 WIB | Juwarih | dibaca 182
Ket: Kunjungan Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap ke KTSP Kabupaten Indramayu, pada Rabu 28 November 2018
Foto: Diskominfo Indramayu
Indramayu, LiputanBMI - Kantor Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Indramayu yang baru beroperasi hampir 2 tahun ini, kini sudah menjadi percontohan dari berbagai pihak. Bahkan terus menjadi bahan rujukan bagi daerah lain untuk melakukan studi komperhensif di LTSP Indramayu.

Tak terkecuali kunjungan dari Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap untuk melihat secara langsung proses pelayanan terhadap calon PMI terutama bagaimana mengintegrasikan semua pelayanan menjadi satu atap di LTSP Indramayu, pada Rabu 28 November 2018.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu, Sri Wulaningsih melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Johar Manun menjelaskan, pasca dioperasikan pada tahun 2016 lalu. LTSP Indramayu sudah bisa melayani lebih baik berbagai persyaratan dokumen untuk keperluan calon PMI yang akan bekerja ke luar negeri.

Seperti diketahui, Indramayu merupakan salah kabupaten yang telah berhasil menerapkan LSTP tersebut sebagai pelayanan adminsitrasi secara singkat, efektif, dan efisien bagi para Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI), PPTKIS, dan Instansi terkait lainnya. Dikatakan Kadis, melalui perbaikan tata kelola layanan tersebut diharapkan setiap CPMI bisa melalui proses rekrutmen, pelatihan, penempatan, perlindungan hingga pemulangan secara resmi.

“Dengan kata lain, LTSP hadir untuk memperkecil peluang terjadinya TKI ilegal yang bermasalah di negara penempatannya masing-masing. LTSP Indramayu bisa memberikan pelayanan yang meliputi kependudukan, ketenagakerjaan, kepolisian, kesehatan, dan ke imigrasian,” tegas Johar.

Diharapkan dengan diraihnya kesuksesan pencapaian LTSP tersebut, Kabupaten Indramayu menjadi kabupaten percontohan bagi kabupaten/kota lainnya di Indonesia dalam memberikan pelayanan kepada CPMI secara singkat, efektif, dan efisien.

Sementara itu Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap, Kosasih mengatakan, dipilihnya LTSP Kabupaten Indramayu karena telah mampu memberikan regulasi yang baik dan nyaman bagi para calon pencari kerja serta sudah mendapatkan pengakuan dari KPK sehingga memilimalisir terjadinya praktik-praktik pungli.
(JWR/FK, 28/11)
BRI KSA
Universitas Terbuka Riyadh
BNI Saudi Arabia
ATC Cargo
psstki