Berita > Seputar TKI
Jual Petasan di Taiwan, Pekerja Migran Asal Vietnam Didenda
04 Feb 2019 22:15:33 WIB | Hani Tw | dibaca 255
Ket: Pekerja migran asal Vietnam tertangkap saat berjualan petasan
Foto: Appledaily
Taipei, LiputanBMI - Pekerja migran asal Vietnam berinisial Pan (27) tertangkap polisi ketika menjual petasan dan kembang api di lorong bawah tanah stasiun kereta api Taoyuan, Taiwan.

Tindakan pekerja migran tersebut telah melanggar undang-undang perburuhan Taiwan, bahwa pekerja asing dilarang melakukan pekerjaan tambahan diluar jam kerja atau disaat liburan.

Sebagaimana dilansir oleh Apple Daily (4/2/2019), bahwa dipimpin oleh kepala polisi wilayah Wu Ling, kota Taoyuan Lin Wu-jie (林武傑) bersama rekannya sedang melakukan operasi mendadak di stasiun Taoyuan melihat sekaligus menangkap pekerja migran Vietnam yang berjualan petasan dan kembang api di lorong bawah tanah stasiun.

Mereka telah menyita barang dagangan berupa sembilan macam jenis kembang api dan petasan juga obat petasan dengan total seberat 66 kilogram. Semua barang bukti langsung diserahkan kepada jawatan pemadan kebakaran setempat untuk ditindaklanjuti.

Sementara itu pekerja migran asal Vietnam yang sehari-harinya bekerja sebagai operator mesin di pabrik. Dikarenakan liburan panjang hari raya cina, ia mencari penghasilan tambahan dengan menjual kembang api dan petasan. Akan tetapi malah kena razia dan harus berurusan dengan hukum.
(HNI/JWD, 04/02)
Universitas Terbuka Riyadh
-