Berita > Seputar TKI
KBRI Kuala Lumpur Langsung Pulangkan Siti Aisyah ke Indonesia
11 Mar 2019 19:49:46 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 563
Ket: Siti Aisyah ketika berada di KBRI KL bersama Menkumham dan Dubes
Foto: FP KBRI KL
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Setelah dinyatakan bebas oleh Mahkamah Tinggi Shah Alam, Malaysia atas dakwaan membunuh Kim Jong-Nam, KBRI Kuala Lumpur langsung mengurus kepulangan Siti Aisyah ke Indonesia.

Kepulangan Siti Aisyah diumumkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia, Yasonna Laoly, pada konferensi pers di gedung KBRI Kuala Lumpur (11/3) yang juga dihadiri oleh Duta Besar Indonesia di Malaysia, Rusdi Kirana.

Menurut keterangan Ketua Satgas Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur, Yusron B Ambary, Siti Aisyah langsung diterbangkan ke Indonesia pada Senin (11/3) sore.

“Siti Aisyah telah diterbangkan ke Indonesia. Tadi sekitar pukul 16.15,” kata Yusron ketika dikonfirmasi LiputanBMI, Senin (11/3) petang.

Aisyah bebas setelah jaksa mencabut dakwaan pembunuhan yang dijeratkan terhadapnya pada persidangan di Mahkamah Tinggi Shah Alam, Senin (11/3) siang.

Putusan pembebasan itu dijatuhkan Hakim Azmin Ariffin saat mengabulkan permohonan jaksa yang mencabut dakwaan pembunuhan yang sebelumnya dijeratkan terhadap Aisyah.

Dalam kasus ini, Aisyah bersama yang seorang lagi warga negara Vietnam telah menjalani sidang sejak Oktober 2017. Keduanya terancam hukuman mati atas dakwaan pembunuhan terhadap Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un.


(FK/FK, 11/03)
Universitas Terbuka Riyadh
-