Berita > Haji
Kendaraan Masuk Makkah Dibatasi Untuk Perlancar Lalu Lintas Jemaah Haji
04 Jul 2019 04:20:33 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 899
Ket: Petugas pos keamanan (Check Point) pintu masuk Makkah sedang memeriksa pengendara
Foto: Arab News
Makkah, LiputanBMI - Pemerintah Arab Saudi sudah mulai membatasi jumlah kendaraan yang memasuki kota Makkah di sejumlah pos pemeriksaan (check point) sejak 28 Juni hingga 12 Agustus 2019 untuk memperlancar lalu lintas jemaah haji.

Tindakan itu dilakukan otoritas Saudi untuk memberikan prioritas akses kepada ribuan bus yang sudah mendapatkan izin mengangkut jemaah haji.

"Keputusan untuk melarang masuknya kendaraan ke Makkah adalah keputusan yang penting dan strategis untuk memperlancar lalu lintas yang akan memfasilitasi masuknya ribuan bus yang mengangkut peziarah ke kota Makkah," ujar Presiden Umum General Syndicate of Cars (GCS), Abdulrahman Al-Harbi sebagaimana dikutip dari Arab News, Rabu (3/7/2019).

Melalui akun Twitter, otoritas regional mengatakan, pos pemeriksaan keamanan di pintu masuk kota Makkah akan mengawasi pelaksanaan teknis di lapangan.

Pos keamanan akan memberikan izin masuk bagi pengemudi yang memegang izin haji, izin tinggal Makkah atau dengan izin untuk bekerja di tempat-tempat suci selama musim haji.

Al-Harbi mengungkapkan, departemen operasi GCS bertanggung jawab atas semua alat transportasi dan menyediakan layanan serta infrastruktur elektronik yang diperlukan.

"Larangan itu akan meningkatkan proyek pemandu bus, di mana peta elektronik dan teknologi modern digunakan untuk mempersingkat waktu perjalanan dan menghindari hilangnya bus dan keterlambatan kedatangan," imbuhnya.

Sementara itu pakar transportasi Saad Jamil Al-Qurshi mengatakan, keputusan tersebut bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat di Makkah dan wilayah pusatnya, selain mengurangi kemacetan juga dapat mengurangi asap knalpot mobil.

"Musim haji tahun ini menyoroti perencanaan yang tepat dan awal dari otoritas keamanan Saudi," tambah Al-Qurshi.
(IYD/IYD, 04/07)
Universitas Terbuka Riyadh
-