Berita > Seputar TKI
Pemprov Sumatera Utara Tanggung Biaya RS dan Pulangkan PMI Sakit di Malaysia
28 Aug 2019 20:18:23 WIB | Figo Kurniawan | dibaca 1336
Ket: Tim Pemprov Sumut menjemput TKI asal Sumut yang sakit dan telantar di Malaysia
Foto: detik.com
Kuala Lumpur, LiputanBMI - Setelah Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengirim tim ke Penang, Malaysia, Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Pematangsiantar bernama Meimeris Tumanggor yang sakit dan telantar di rumah sakit akhirnya bisa dipulangkan ke kampung halamannya.

Menurut keterangan KJRI Penang, Meimeris dipulangkan ke Tanah Air, Rabu (28/8) siang dengan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara.

“Yang bersangkutan sudah kami pulangkan hari ini dengan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumut,” kata Pelaksana Fungsi Konsuler III, KJRI Penang, Indra Primasetya Prionggo ketika dikonfirmasi LiputanBM, Rabu (28/8).

Terkait biaya pemulangan dan biaya rumah sakit selama Meimeris dirawat di Malaysia, Indra mengatakan, semuanya ditanggung oleh Pemprov Sumatera Utara.

“Biaya RS dan pemulangan ditanggung Pemprov (Sumut, Red),” katanya.

Sebagaimana dilansir Detik.com, Selasa (27/8), sebelumya, Meimeris Tumanggor bekerja di salah satu sekolah di Bukit Martajam, Penang. Selama tiga tahun bekerja, dia diduga tak pernah diberi gaji dan ketika jatuh sakit ditinggalkan majikannya di halaman depan KJRI Penang.

Meimeris ditemukan anggota Persatuan Masyarakat Indonesia di Malaysia (Permai) dan dibawa ke rumah sakit. Gubenur Edy Rahmayadi yang mendapat kabar tersebut kemudian mengirim tim untuk menjemput Meimeris.
(FK/FK, 28/08)
Universitas Terbuka Riyadh
-