Berita > Seputar TKI
KJRI Jeddah Bantu Pulangkan PMI Asal Karawang yang Sakit Komplikasi
11 Sep 2019 06:24:58 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 4469
Ket: Elin (duduk di kursi roda), Wahyu staf KJRI Jeddah (paling kanan) bersama pengurus BMI-SA di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah
Foto: LBMIKSA
Jeddah, LiputanBMI - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah membantu kepulangan PMI overstayer bernama Elin Susanti binti Kartaman (31) asal Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (11/9/2019) dini hari.

Didampingi staf KJRI Jeddah, Elin Susanti dipulangkan melalui Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah menggunakan maskapai Saudia Airlines SV818 dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta pukul 18:00 WIB.

Ketua Umum Buruh Migran Indonesia Saudi Arabia (BMI-SA) Adi Permana mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan KJRI Jeddah dalam memulangkan Elin Susanti.

"Kondisi Elin kemarin sempat memburuk karena menderita penyakit komplikasi sehingga harus cepat dipulangkan ke Indonesia. Siang tadi kami laporkan kondisi Elin ke KJRI Jeddah dan direspon dengan cepat" ujarnya kepada LiputanBMI, seusai mengantarkan Elin di Bandara Internasional King Abdulaziz.

Kepulangan Elin, lanjut dia, sempat terkendala lantaran tidak adanya biaya tiket. Penggalangan dana yang dikumpulkan BMI-SA terpakai biaya pengobatan Elin ke rumah sakit. Adi Permana mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari dan Disnaker Karawang untuk membantu kepulangan ibu satu anak itu.

"Pemkot Karawang juga sudah mendatangi keluarga Elin untuk mengurus asuransi kesehatan. Sesampainya di Jakarta Elin akan dijemput BNP2TKI ," terangnya.

Berdasarkan infromasi yang diterima BMI-SA, Elin Susanti datang ke Arab Saudi pada tahun 2011 sebagai pekerja sektor perumahan. Dia kemudian kabur dari majikan dan tinggal dengan status overstayer di Jeddah.

(IYD/IYD, 11/09)
Universitas Terbuka Riyadh
-