Berita > Ekosospol
Korea Selatan Akan Perketat Peraturan Permintaan Pulang Imigran Ilegal
07 Oct 2019 08:53:03 WIB | Yully Agyl | dibaca 891
Ket: Bandara Korea Selatan.
Foto: Google
Changwon, LiputanBMI - Korea Selatan akan memperketat imigran ilegal yang akan meninggalkan negara itu. Dengan pemberitahuan sebelum meninggalkan negara tersebut adalah suatu langkah untuk mencegah mereka yang melakukan kejahatan dan ingin melarikan diri. Demikian hal tersebut disampaikan Kementerian Kehakiman, Minggu (6/10/2019).


Sampai saat ini, imigran ilegal dapat secara bebas meninggalkan Korea Selatan setelah melaporkan kepada pihak berwenang pada hari keberangkatan selama mereka tidak berada di bawah larangan perjalanan.


Di bawah aturan baru, imigran ilegal harus melaporkan antara 3 hingga 15 hari kerja sebelum keberangkatan mereka dan menjalani pemeriksaan. Sistem laporan saat ini akan dihapus pada 21 Oktober 2019 dan aplikasi untuk proses mandiri meninggalkan Korea Selatan akan tersedia mulai minggu depan.


Sebagaimana dilansir Korea Times, Minggu (6/10), pihak kementerian mengatakan´╝î juga akan ada larangan agen atau siapa pun mengubah tanggal keberangkatan, begitu para imigran ilegal telah memberikan pemberitahuan. Hal ini guna mencegah mereka yang mencoba melarikan diri setelah melakukan kejahatan.


Peraturan yang diperketat tersebut dikeluarkan setelah ada seorang warga negara Kazakh yang secara ilegal tinggal di Korea Selatan dan keluar dari Korea Selatan sehari setelah diduga melakukan tabrak lari pada seorang siswa sekolah dasar di Changwon, bulan lalu.
Saat ini pemerintah sedang dalam pembicaraan dengan Kazakhstan mengenai pemulangan tersangka.
(YLA/YLA, 07/10)
Universitas Terbuka Riyadh
-