Berita > Seputar TKI
Diketahui Sebagai Pengedar Obat Terlarang, PMI Ini Diganjar 4 Tahun Penjara
19 Oct 2019 20:54:46 WIB | Hani Tw | dibaca 2669
Ket: Seorang PMI dihukum empat tahun penjara setelah diketahui sebagai penggedar obat terlarang
Foto: united daily news
Taichung, LiputanBMI - Pengadilan Distrik Taichung dalam keputusannya menyebutkan bahwa Pekerja Migran Indonesia (PMI) berinisial Aman tersangka pengedar obat terlarang di Taiwan dijatuhi hukuman penjara 4 tahun 4 bulan.

Sementara pekerja migran ilegal asal Vietnam yang diketahui sebagai pemakai dijatuhi hukuman 3 tahun 10 bulan penjara. Keduanya akan di deportasi setelah mereka terbebas dari penjara nantinya.

Kasus tersebut terungkap setelah kepolisian Taichung menangkap seorang warga Taiwan bermarga Cheng yang sedang memakai narkoba. Dari pengakuan Cheng menyebutkan bahwa ia mendapatkan barang tersebut dari orang Vietnam. Kemudian Cheng bersedia bekerja sama dengan kepolisian untuk mencari sindikatnya.

Dalam aksinya, polisi menyuruh Cheng seolah-olah mau membeli obat terlarang kepada orang Vietnam. Ketika mereka sedang melakukan transaksi, pada saat itulah polisi menyergap mereka.
Menurut pengakuan orang Vietnam yang diketahui adalah pekerja migran illegal, ia mendapatkan barang tersebut dari pekerja migran asal Indonesia bernama Aman.

Sebagaimana dilansir United Daily News (18/10/2019), polisi berhasil menangkap Aman ketika ia berada di dalam asrama bersama barang bukti berupa sebelas bungkus obat terlarang, plastic pembungkus serta ponsel.

(HNI/IYD, 19/10)
Universitas Terbuka Riyadh
-