BNI Saudi Arabia
Berita > Seputar TKI
Kehabisan Uang Untuk Pulang ke Kampungnya, PMI Ini Nginap 2 Hari di Bandara
01 Feb 2020 12:31:23 WIB | Jafry Aljawad | dibaca 2073
Ket: TKI terpaksa menginap dua hari di Bandara Kualanamu karena tak ada ongkos pulang ke Jambi
Foto: Detiknews
Nasional, LiputanBMI - Seorang perempuan ditemukan tertidur di mushola Bandara Kualanamu, Sumatera Utara (Sumut). Wanita tersebut ternyata pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru tiba dari Malaysia, namun tidak mempunyai biaya untuk pulang ke kampungnya di Kerinci, Jambi.
"Betul. Tadi siang sudah kita antarkan langsung dan diserahkan ke BP3TKI (Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) di Marindal (Kelurahan Marindal Satu, Patumbak, Sumut)," kata Komandan Avsec bandara Kualanamu, Mira Ginting kepada detikcom, Jumat (31/1/2020).

Ginting menyebutkan perempuan bernama Sastri Mariana itu tiba di Bandara Kualanamu pada Rabu (29/1). Kemudian dia tidur di mushola bandara. Saat ditemukan oleh petugas Avsec, langsung dipindahkan ke tempat yang lebih nyaman.

"Begitu ketemu tertidur di mushola, kita pindahkan ke tempat lebih nyaman yakni di kantor security/Avsec. Jadi tidak ada terlunta-lunta, kita beri makan juga kok," sebut Ginting.

Ginting menyebutkan awalnya memang perempuan tersebut tidak mau diajak berbicara dan tidak mau makan. Setelah dibujuk, lalu baru berbicara dan makan.

"Saya minta anggota sekuriti wanita yang bujuk sampai mau dalam ruangan (berdua), sampai akhirnya mau diajak bicara dan makan," ujar Ginting.

Dia mengatakan Sastri dua hari di Bandara Kualanamu karena tak punya ongkos pulang ke Jambi. Ginting menuturkan setelah diberi tempat dan makan, perempuan tersebut kemudian diserahkan ke pihak BP3TKI di Marindal Satu, Deli Serdang.

"Sewaktu kita tanya, dia tidak mengaku kalau di deportasi, jawabannya karena ingin terbang dan mau pulang ke kampungnya di Kerinci, namun saat ini tidak punya uang lagi begitu," sebut Ginting.

(Sumber: Detikcom)
(JWD/JWD, 01/02)
Universitas Terbuka Riyadh
-