Berita > Seputar TKI
Masa Kerja Perawat Pasien di Taiwan Akan Diperpanjang Hingga 20 Tahun, Tunggu Ketok Palu
16 Mar 2020 14:01:50 WIB | Hani Tw | dibaca 13565
Ket: Masa Kerja Perawat Pasien di Taiwan Akan Diperpanjang Hingga 20 Tahun, Tunggu Ketok Palu
Foto: Dokumen pribadi
Taipei, LiputanBMI - Batas masa kerja pekerja migran perawat pasien di Taiwan dalam waktu dekat akan diperpanjang dari yang sebelumnya 14 tahun menjadi 20 tahun.

Anggota legislatif dari partai DPP atau Min Cin Thang, Qiu Zhi-wei (邱志偉) dan parti KMT atau Kuo Ming Thang, Zeng Ming-cong (曾銘宗) telah mengusulkan amandemen UU Layanan Ketenagakerjaan tentang perpanjangan masa kerja bagi pekerja perawat pasien.

Saat ini, rancangan amandemen tersebut telah dikirim ke Komite Kesehatan dan Lingkungan Legislatif Yuan untuk dilakukan peninjauan.

Apabila amandemen tersebut berhasil diloloskan dan ketok palu, maka sebanyak 260.000 pekerja perawat pasien di Taiwan akan merasakan manfaatnya.

Dilansir dari media Apple Daily (16/3/2020) bukanlah hal yang aneh bagi pekerja migran perawat pasien untuk memperpanjang masa kerja mereka.

Menurut Qiu Zhi-wei, dalam beberapa tahun terakhir, kantor dinas Ketenagakerjaan setempat telah menerima laporan dari keluarga majikan yang berbeda. Dimana mereka mempunyai anggota keluarga yang sakit selama lebih dari 10 tahun, mereka telah mengembangkan pemahaman jangka panjang dengan perawat pasien asli yang sudah akrab dengan kondisi fisik dan mental lansia atau pasien, sehingga secara tidak langsung pasien sudah tergantung dengan perawat yang asli.

Sementara itu, legislator DPP Min Cin Thang Cai Yi-yu (蔡易餘) juga mengusulkan agar masa kerja untuk pekerja migran sektor lain dapat diperpanjang dari 12 tahun menjadi 14 tahun sama seperti sektor perawat pasien. Untuk masalah ini, sekarang telah diserahkan ke komite untuk dilakukan peninjauan.

Semoga segera ketuk palu!
(HNI/IYD, 16/03)
Universitas Terbuka Riyadh
-